Aerobik/amazine.co
Health

10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan

JIBI
Rabu, 13 November 2019 - 08:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebanyakan orang melakukan senam aerobik untuk menurunkan berat badan.

Padahal, senam aerobik adalah olahraga yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Tentu, manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat di dua organ tersebut, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 Senam ini salah satu dari sekian banyak olahraga yang masuk dalam kelompok olahraga aerobik. Jogging, berenang, dan bahkan kickboxing, juga termasuk sebagai latihan aerobik.

Jenis olahraga ini, juga sering dikenal dengan nama latihan kardio.

Berikut manfaat senam aerobik untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga berat badan
Tidak hanya membantu menurunkan berat badan, senam aerobik juga bermanfaat untuk mencegah berat badan kembali naik. Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan ideal akan semakin cepat tercapai.

2. Baik untuk kesehatan jantung
Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat dan dapat memompa darah secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

3. Meningkatkan stamina tubuh
Saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu.

10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan

4. Mengontrol kadar gula darah
Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh, sehingga kadar gula darah pun akan ikut terkontrol.

5. Memperkuat daya tahan tubuh
Daya tahan tubuh menjadi lebih kuat, adalah salah satu manfaat senam aerobik yang sayang jika dilewatkan. Olahraga ini, akan mengaktifkan sistem imun tubuh, membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk.

6. Menurunkan tekanan darah
Karena senam aerobik adalah senam yang melatih jantung, maka manfaatnya juga akan terasa pada kadar tekanan darah yang menurun. Saat tekanan darah menurun, gejala-gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

7. Membuat tidur jadi lebih nyenyak
Melakukan latihan kardio bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, perhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga kelewat malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur.

8. Meningkatkan suasana hati
Manfaat senam aerobik juga akan terasa bagi kondisi mental Anda. Sebab, olahraga ini ternyata juga bisa membantu meringankan gejala depresi dan mengurangi ketegangan yang berkaitan dengan gangguan kecemasan. Latihan kardio ini pun akan membuat Anda menjadi lebih rileks.

10 Manfaat Senam Aerobik untuk Kesehatan

9. Membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal
Senam aerobik juga ternyata bermanfaat untuk kesehatan otak. Sebab, olahraga ini dinilai dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

10. Pengaruh senam aerobik terhadap tubuh

Selama senam aerobik, otot berukuran besar di tubuh yang terdapat di lengan, kaki, dan pinggul akan terus bergerak, sehingga tubuh pun akan merespons dengan cepat. Anda akan bernapas dengan lebih cepat dan dalam, membuat jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah bisa maksimal.

Jantung juga akan berdetak lebih cepat dan meningkatkan aliran darah ke otot, lalu kembali ke paru-paru.

Pembuluh darah kapiler, yang merupakan pembuluh darah terkecil di tubuh, akan ikut melebar, untuk melancarkan proses pengantaran oksigen ke otot, maupun membuang zat sisa metabolisme, seperti karbondioksida dan asam laktat.

Tubuh juga akan terpicu untuk mengeluarkan endorfin, zat kimia alami di tubuh yang dapat berfungsi sebagai pereda nyeri alami, dan berguna untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro