Aktivitas peneliti di Laboratorium Riset dan Pengembangan di Gedung PT Bio Farma (Persero), di Bandung, Jawa Barat, Jumat (15/7). /Antara
Health

Izin Edar PCV 13 Multidosis Telah Terbit

Yustinus Andri DP
Rabu, 20 November 2019 - 16:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan telah menerbitkan izin edar vaksin pneumococcal conjugate vaccine 13 (PCV 13) kemasan multi dosis.

Direktur Pengawasan Produksi Obat, Narkotika, Psikotropika dan Prekursor BPOM Ratna Irawati mengatakan izin edar vaksin penyakit pneumonia tersebut telah terbit pada Juli 2019. Adapun sebelumnya, vaksin PVC 13 yang telah mendapatkan izin edar di Indonesia hanya yang berbentuk kemasan tunggal (single doze) atau satu kemasan satu dosis.

“Izin edar produk tersebut sudah keluar Juli lalu. Memang sebelum Juli, ada permintaan agar produk vaksin tersebut diberikan izin edar, dan kami sudah terbitkan,” katanya dalam acara Media Workshop: Mengupas Persoalan Distribusi Vaksin di Indonesia, Selasa (19/11/2019).

PCV 13 kemasan multi dosis merupakan salah satu produk vaksin pneumonia yang ditawarkan The United Nations Children's Fund (Unicef) kepada Indonesia untuk dibeli melalui skema advance market commitment (AMC).

Dalam konsep kerja sama tersebut, pemerintah Indonesia bisa melakukan pengadaan vaksin PVC 13 dengan harga terjangkau yakni US$2,93 per dosis dari harga normal US$20 per dosis.

Adapun, vaksin PVC 13 kemasan multi dosis berisi 4 dosis vaksin.  Hal itu membuat  harga vaksin multidosis tersebut menjadi lebih murah dibandingkan kemasan tunggal.

Sekadar informasi,  pemerintah dikejar tenggat waktu pendaftaran pembelian vaksin PVC 13 tersebut melalui  Unicef pada 31 Desember 2019. Menurut proyeksi Kementerian Keuangan, pemerintah bisa menghemat anggaran pengadaan vaksin PCV 13 hingga Rp7 triliun pada 2020-2024 melalui skema yang ditawarkan Unicef tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro