Health

Manfaat Teripang, dari Jaga Stamina Hingga Melawan Kanker

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 21 November 2019 - 10:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teripang atau yang juga dikenal dengan nama gamat, menjadi salah satu hewan laut yang populer bisa mengobati beragam penyakit terutama penyakit tidak menular.

Berdasarkan penelitian para ilmuwan ditemukan kandungan gizi yang terdapat di dalam teripang sangat lengkap, dan salah satu zat gizi yang jarang di temukan pada hewan manapun adalah zat yang mampu meregenerasi sel dengan cepat.

Teripang memiliki kandungan Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral, Gamapeptide (tidak dimiliki species teripang lainnya), dan sekitar 50 jenis kandungan aktif lainnya.

Teripang sejak lama dikenal sebagai bahan untuk pengobatan tradisional beragam penyakit. Teripang inilah yang zaman dahulu di gunakan oleh para raja dan bangsawan cina sebagai makanan sepesial, sepesies ini juga yang di gunakan oleh nenek moyang kita sebagai obat untuk berbagai macam penyakit.

Berdasarkan data yang dikutip dari Healtline.com, teripang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes yang ingin mengendalikan kadar gula darahnya.

Selain itu, diet kaya protein dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kepadatan tulang.

Makanan dan suplemen yang mengandung kondroitin sulfat dapat bermanfaat bagi mereka yang menderita penyakit sendi seperti osteoartritis.

Berikut manfaat teripang untuk kesehatan

1. Melawan kanker

Teripang mengandung zat yang disebut sitotoksin, yang telah terbukti dapat melawan sel kanker. Sebagai contoh, satu penelitian tabung menunjukkan bahwa triterpen diglikosida yang ditemukan di teripang Vietnam memiliki efek toksik pada lima jenis sel kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit 

Studi lain menemukan bahwa Ds-echinoside, sejenis triterpen yang berasal dari teripang, mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hati manusia.

Sementara hasil ini menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kemanjuran dan keamanan menggunakan teripang untuk melawan sel kanker. 

2. Antimikroba

Sejumlah penelitian tabung menunjukkan bahwa ekstrak teripang menghambat pertumbuhan bakteri, termasuk E. coli, S. aureus dan S. typhi, yang semuanya dapat menyebabkan penyakit .

Studi lain menunjukkan teripang dapat melawan Candida albicans, ragi oportunistik yang dapat menyebabkan infeksi jika levelnya di luar kendali, terutama di immunocompromised.

Dalam sebuah studi satu minggu pada 17 pasien panti jompo tua dengan pertumbuhan berlebih Candida oral, mereka yang mengonsumsi jeli yang mengandung ekstrak teripang menunjukkan pengurangan pertumbuhan berlebih Candida, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsi jeli.

Selain itu, satu penelitian pada tikus menunjukkan bahwa teripang berjuang sepsis, suatu komplikasi yang mengancam jiwa yang terkait dengan bakteri berbahaya.

3. Kesehatan Jantung dan Hati

Beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa teripang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan hati. Misalnya, tikus dengan tekanan darah tinggi yang diberi makan ekstrak teripang menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan, dibandingkan dengan tikus yang tidak diberi makan ekstrak.

Studi lain pada tikus muda menunjukkan bahwa diet kaya teripang secara signifikan mengurangi kolesterol total, lipoprotein densitas rendah, dan trigliserida.

Lebih lanjut, sebuah penelitian pada tikus dengan penyakit hepatorenal menemukan bahwa dosis tunggal ekstrak teripang secara signifikan mengurangi stres oksidatif dan kerusakan hati, serta meningkatkan fungsi hati dan ginjal.

Siti Chaironi CEO dari PT. Ardisi Rasya Herbalindo, Distributor Nasional Indonesia mengatakan khasiat teripang sudah dirasakan masyarakat Indonesia dengan terjualnya ribuan produk Jelly Gamat Gold G.

"Jelly Gamat Gold-G terbuat dari spesies gamat (teripang) terpilih, ekstrak sarang burung walet  sehingga juga bagus untuk kesehatan kulit, memberi reaksi untuk peningkatan kesehatan, pencegahan, pengobatan & rehabilitasi pasca sakit." pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro