Seorang wanita sedang menikmati secangkir kopi./Antara
Health

Minum 3 Cangkir Kopi Sehari Tingkatkan Potensi Migrain

Reni Lestari
Selasa, 26 November 2019 - 12:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Diderita oleh lebih dari satu miliar orang dewasa di seluruh dunia, migrain adalah penyakit paling lazim ketiga di dunia.

Selain sakit kepala parah, gejala migrain juga meliputi mual, perubahan suasana hati, sensitivitas terhadap cahaya dan suara, serta halusinasi visual dan pendengaran.

Penderita migrain melaporkan bahwa pola cuaca, gangguan tidur, perubahan hormon, stres, obat-obatan dan makanan atau minuman tertentu dapat menyebabkan serangan migrain. Namun, beberapa penelitian telah mengevaluasi efek langsung dari pemicunya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di American Journal of Medicine, para peneliti di Beth Israel Deaconess Medical Center (BIDMC), Rumah Sakit Brigham and Women's dan Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan (HSPH), mengevaluasi peran minuman berkafein sebagai pemicu migrain yang potensial.

Dipimpin oleh Elizabeth Mostofsky, seorang peneliti di Unit Penelitian Epidemiologi Kardiovaskular BIDMC dan anggota Departemen Epidemiologi di HSPH, para peneliti menemukan bahwa di antara pasien yang mengalami migrain episodik, satu atau dua porsi minuman berkafein tidak dikaitkan dengan sakit kepala pada pasien.

Namun, tiga porsi minuman berkafein mungkin dikaitkan dengan kemungkinan lebih tinggi terjadinya sakit kepala migrain pada hari itu atau hari berikutnya.

"Sementara beberapa pemicu potensial - seperti kurang tidur - hanya dapat meningkatkan risiko migrain, peran kafein sangat kompleks, karena dapat memicu serangan tetapi juga membantu mengendalikan gejala," kata Mostofsky dilansir Science Daily, Selasa (26/11/2019).

"Dampak kafein tergantung pada dosis dan frekuensi, tetapi karena ada beberapa studi prospektif tentang risiko langsung sakit kepala migrain setelah asupan minuman berkafein, ada bukti terbatas untuk merumuskan rekomendasi diet untuk orang dengan migrain," lanjutnya.

Pemicu Migrain

Dalam studi kohort prospektif mereka, Mostofsky dan rekan melibatkan 98 orang dewasa dengan migrain episodik yang mencatat konsumsi minuman mereka setiap pagi dan setiap malam selama setidaknya enam minggu. Setiap hari, peserta melaporkan total porsi kopi berkafein, teh, soda dan minuman berenergi yang mereka konsumsi, serta mengisi laporan sakit kepala dua kali sehari yang merinci onset, durasi, intensitas, dan obat yang digunakan untuk migrain.

Peserta juga memberikan informasi terperinci tentang pemicu migrain umum lainnya, termasuk penggunaan obat-obatan, asupan minuman beralkohol, tingkat aktivitas, gejala depresi, stres psikologis, pola tidur dan siklus menstruasi.

Untuk mengevaluasi hubungan antara asupan minuman berkafein dan sakit kepala migrain pada hari yang sama atau pada hari berikutnya, Mostofsky, Bertisch dan rekannya membandingkan insiden partisipan individu dari migrain pada hari-hari dengan asupan minuman berkafein dengan asupan minuman berkafein pada partisipan yang sama, dan kejadian migrain pada hari-hari tanpa asupan minuman berkafein.

Penyesuaian diri ini menghilangkan potensi faktor-faktor seperti jenis kelamin, usia, dan faktor demografis individu lainnya, faktor perilaku dan lingkungan untuk mengacaukan data. Para peneliti lebih lanjut mencocokkan kejadian sakit kepala dengan hari dalam seminggu, menghilangkan kebiasaan akhir pekan versus hari kerja yang juga dapat mempengaruhi terjadinya migrain.

Penyesuaian diri juga memungkinkan untuk variasi dosis kafein di berbagai jenis minuman dan sediaan.

"Satu porsi kafein biasanya delapan ons atau satu cangkir kopi berkafein, enam ons teh, sekaleng soda 12 ons, dan sekaleng minuman energi 2 ons," kata Mostofsky.

"Porsi tersebut mengandung 25 hingga 150 miligram kafein, jadi kami tidak dapat menghitung jumlah kafein yang dikaitkan dengan peningkatan risiko migrain. Namun, dalam analisis yang disesuaikan sendiri ini hanya dalam waktu enam minggu, setiap peserta memilih dan menyiapkan kafein. minuman harus cukup konsisten, lanjutnya.

Prevalensi Migrain

Secara keseluruhan, para peneliti tidak melihat hubungan antara satu atau dua porsi minuman berkafein dan kemungkinan sakit kepala pada hari yang sama, tetapi mereka memang melihat kemungkinan lebih tinggi sakit kepala pada hari yang sama pada hari-hari dengan tiga atau lebih porsi minuman berkafein. Namun, di antara orang-orang yang jarang mengonsumsi minuman berkafein, bahkan satu atau dua porsi meningkatkan kemungkinan sakit kepala pada hari itu.

"Meskipun prevalensi tinggi migrain dan gejala sering melemahkan, pencegahan migrain yang efektif tetap sulit dipahami bagi banyak pasien," kata Bertisch.

"Studi ini adalah peluang baru untuk menguji efek jangka pendek dari asupan minuman berkafein harian pada risiko sakit kepala migrain. Menariknya, meskipun beberapa pasien dengan migrain episodik berpikir mereka perlu menghindari kafein, kami menemukan bahwa minum satu atau dua porsi per hari tidak dikaitkan dengan risiko sakit kepala yang lebih tinggi. Lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk mengkonfirmasi temuan ini, tetapi ini merupakan langkah pertama yang penting. "

Pekerjaan ini dilakukan dengan dukungan dari National Institute of Neurological Disorders And Stroke (R21-NS091627), American Sleep Medicine Foundation, Harvard Catalyst | Pusat Sains Klinis dan Translasional Harvard (Pusat Nasional untuk Memajukan Ilmu Translasional, National Institutes of Health Award UL 1TR002541), dan kontribusi keuangan dari Universitas Harvard dan pusat layanan kesehatan akademik afiliasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro