Ilustrasi/Indiatimes
Relationship

Lingkungan Kerja Beracun Ubah Perempuan jadi Ibu yang Buruk

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 November 2019 - 16:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lingkungan kerja yang beracun mengubah wanita menjadi ibu yang buruk, kata sebuah penelitian. Sebagian besar dari kita mungkin pernah menghadapi lingkungan beracun di tempat kerja pada titik tertentu dalam kehidupan kita.

Ketika seseorang bersikap kasar kepada rekan kerja, dia mungkin tidak tahu bagaimana hal itu dapat berdampak pada rekannya karena setiap orang memiliki mekanisme penanggulangannya sendiri untuk menghadapi ketidakmampuan di tempat kerja.

Menariknya, sebuah penelitian telah membangun hubungan antara ketidaksopanan di tempat kerja dan metode pengasuhan wanita.

Penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Carleton mempelajari bagaimana perlakuan buruk di tempat kerja mengganggu metode pengasuhan ibu yang bekerja. Untuk mencapai kesimpulan, para peneliti membuat ibu yang bekerja diminta untuk berbagi pengalaman pribadi mereka dengan lingkungan beracun di tempat kerja. Kemudian pasangan mereka juga diminta untuk berbagi pandangan tentang apakah istri mereka berubah menjadi orangtua yang menuntut di rumah.

Menurut hasil survei, perempuan yang bekerja di lingkungan kerja yang beracun sering terpaksa menjadi orangtua yang otoriter. Tampaknya kekasaran di tempat kerja membuat wanita yang bekerja merasa seolah-olah mereka bukan orang tua yang efektif.

Sebagai hasilnya, para wanita tersebut menggunakan strategi pengasuhan yang lebih ketat hanya untuk membuktikan bahwa mereka tidak kekurangan keterampilan mengasuh anak, jelas penulis penelitian.

“Kita sekarang tahu, berdasarkan banyak bukti empiris, bahwa hasil dari ketidaksopanan di tempat kerja sangat besar dan negatif. Misalnya, berada di pihak penerima ketidaksopanan di tempat kerja telah dikaitkan dengan tingkat upaya dan kinerja yang lebih rendah dalam pekerjaan, tingkat stres yang lebih tinggi, dan gangguan perhatian, pemrosesan informasi dan pengambilan keputusan, ”kata Dr. Kathryne Dupre, co- penulis penelitian, yang dipresentasikan pada konvensi tahunan American Psychological Association.

Ketidaksopanan di tempat kerja mencakup sejumlah besar perilaku — tidak sopan, mengabaikan kolega, membuat komentar yang merendahkan, mengambil kredit yang tidak pantas untuk kerja keras orang lain, membuat rekan kerja merasa rendah diri, dll. Menurut para ahli, menangani ketidakmampuan seperti itu tidak mudah . Jika ini berasal dari seorang kolega, berhadapan dengannya dan menanyakan alasan di balik perilaku seperti itu bisa menjadi ide yang baik.

Tetapi jika lingkungan kerja yang beracun adalah hasil dari kelompok yang lebih besar dari kolega, mungkin ide yang baik untuk mencari perubahan. Jika memungkinkan, meminta transfer atau ditempatkan di tim yang berbeda dapat menjadi salah satu solusi. Apa pun situasinya, jangan pernah biarkan lingkungan tempat kerja Anda memengaruhi kesehatan mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro