Seorang pria memasukkan televisi ke mobilnya saat Black Friday di Brooklyn, New York City Amerika Serikat (AS)./Reuters
Relationship

6 Trik Marketing Gaet Pelanggan Saat Black Friday

Rayful Mudassir
Jumat, 29 November 2019 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu pesta belanja online yaitu Black Friday berlangsung hari ini, Jumat (29/11/2019). Sejumlah e-commerce atau toko daring berlomba merebut hati konsumen agar mau membeli. Lalu bagaimana tips agar mudah menggaet pelanggan?

Salah satu portal diskon CupoNation Indonesia merangkum beberapa trik penting untuk membantu peritel online untuk menyambut pesta belanja online Black Friday dan mengundang lebih banyak pelanggan.

1. Membuat landing page khusus Black Friday

Pastikan pelanggan mengetahui tentang promosi Black Friday melalui banner di halaman website. Selanjutnya, buat landing page khusus untuk mempromosikan produk dan promo yang akan ditawarkan saat Black Friday. Ini akan meningkatkan navigasi situs website dan mengarahkan pengunjung langsung ke penawaran produk terkait Black Friday.

2. Buat panduan artikel tentang penawaran produk khusus Black Friday

Pelaku bisnis dapat membuat artikel menarik terkait tips dan guideline bagi para pelanggan agar dapat memanfaatkan promo diskon secara maksimal. Berikan gambaran produk apa saja yang paling dicari pada saat Black Friday dan produk yang memiliki value tinggi. Dalam skala jangka panjang, aktivitas pengguna di halaman itu akan mengirimkan sinyal positif ke Google dan meningkatkan peringkat SEO.

3. Adakan kontes Black Friday

Semua orang suka kontes. Dengan menyelenggarakan kontes sebagai salah satu kampanye marketing akan membantu untuk membangun citra merek yang positif dan serta kesadaran merek. Anda juga dapat mengejutkan pelanggan yang tidak memenangkan hadiah pertama dengan memberikan kode diskon pada produk yang dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

4. Gunakan kode promo untuk menarik savvy shopper

Kode diskon akan membuka peluang Anda untuk menarik para savvy shopper yang kerap melakukan cek harga sebelum membeli. Kode promo mampu menahan para pembeli cerdas untuk tidak berbelanja di toko pesaing anda, kecuali produk yang dicari tidak tersedia.

5. Tawarkan pengiriman gratis

Pengiriman gratis adalah layanan penting bagi sebagian besar komunitas belanja online. Dengan memberikan pengiriman gratis akan mendorong para pelanggan untuk lebih memilih toko anda sebagai pilihan yang tepat untuk berbelanja.

6. Aktif dan terus berinteraksi dengan pelanggan melalui sosial media.

Sosial media adalah jalan yang paling mudah untuk terhubung dengan pelanggan. Jangan lupa untuk mempromosikan penawaran Black Friday yang hebat di Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dan Google+.

Unggah pula informasi tentang penawaran Anda sekali atau dua kali per hari tergantung pada jumlah pengikut Anda. Jika Anda cukup kreatif, coba cara unik untuk menjadi viral di media sosial. Buat tagar dan meme khusus atau dorong pengikut Anda untuk berbagi informasi tentang kontes Black Friday.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro