Ilustrasi kanker paru/Istimewa
Health

Informasi Kanker Paru yang Patut Anda Tahu

Novita Sari Simamora
Sabtu, 30 November 2019 - 06:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker paru dibagi menjadi 2 jenis besar yakni kanker paru bukan sel kecil atau nonsmall cell lung cancer (NSCLC) dan kanker paru sel kecil atau small cell lung cancer (SCLC).

Aryanthi Baramuli Putri, Ketua Umum Cancer Information & Support Center, mengatakan bahwa kanker paru merupakan penyebab kematian tertinggi akibat kanker, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah kematian dari kanker prostat, payudara dan kolorektal bila digabungkan.

Adapun tingkat survival kanker paru yang berusia 5 tahunan cenderung sangat rendah dan tergantung pada stadium ditemukannya kanker.

Umumnya seseorang diketahui menderita kanker pada stadium dini sebesar 50 persen. Sementara itu, untuk tingkat stadium lanjut hanya sekitar 2 persen-19 persen.

Kondisi menandakan adanya tantangan dari segi ketersediaan informasi tentang kanker paru dan berbagai jenis mutasinya serta deteksi dan pengobatannya, termasuk untuk kanker paru jenis ALK positif.

Sejumlah pasien NSCLC memiliki mutasi gen anaplastic lymphoma kinase (ALK) atau dikenal dengan kanker paru NSCLC ALK+ (ALK positif). 

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Sita Laksmi Andarini, Ph.D, Sp.P (K) mengatakan ALK adalah salah satu mutasi onkogenik yang terjadi pada pasien kanker paru bukan sel kecil atau NSCLC.

Kanker paru ALK positif memiliki masa perburukan yang sangat cepat, yaitu hanya sekitar 7 bulan dengan pengobatan kemoterapi.

“Kanker paru jenis ini bisa dibilang penyakit langka dimana terjadi pada sekitar 2-5 persen dari populasi kanker paru, yang sebagian besar ditemui pada pasien kanker paru stadium lanjut, bukan perokok, berusia sekitar 45–50 tahun atau lebih muda dari populasi pasien kanker paru umumnya, serta mengalami penyebaran sel kanker atau metastasis ke otak,” ungkapnya di Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Era kini, lanskap pengobatan kanker paru telah berkembang sangat pesat sehingga kemajuan teknologi memungkinkan penanganan kanker paru yang efektif, salah satunya dibuktikan dari hasil studi yang menunjukkan pengobatan kanker paru anti ALK dengan alectinib yang telah berhasil meningkatkan hasil terapi pada pasien, yakni dapat memberikan masa bebas perburukan hampir 3 tahun.

Berdasarkan data Global Cancer Observatory (Globocan 2018), 1,8 juta jiwa di dunia meninggal akibat kanker paru sepanjang 2018.

Sementara di Indonesia, setiap tahunnya lebih dari 30.023 penduduk Indonesia didiagnosa kanker paru, sementara, 26.095 orang meninggal akibat kanker paru pada 2018.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro