Putri Marino baru saja dikaruniai seorang bayi perempuan yang diberi nama Surinala Carolina Jarumilind/Instagram@chicco.jerikho
Health

6 Penyakit yang Kemungkinan Diwariskan Ibu

Ria Theresia Situmorang
Senin, 2 Desember 2019 - 19:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Genetik memegang peranan penting tidak hanya dari segi penampilan namun juga kesehatan Anda.

Dikutip dari riset yang dilakukan di Institute of Cancer Research di University of London, terdapat 57 persen kemungkinan perempuan mulai menstruasi dalam kurun waktu tiga bulan pada usia ibunya juga pertama kali mengecap akil balik.

Berdasarkan Times of India, berikut adalah enam masalah kesehatan yang mungkin diturunkan ibu kepada Anda;

  1. Penyakit jantung

Jika ibu Anda memiliki riwayat penyakit jantung, maka kemungkinan Anda mengidap penyakit yang sama adalah 20 persen. Sebuah studi yang dilakukan di Oxford University menunjukkan kesempatan Anda mengidap penyakit stroke juga tinggi, jika Ibu Anda juga memiliki penyakit tersebut. Hal ini terjadi karena penyakit vaskular umumnya berhubungan dengan arteri koroner di jantung dan arteri serebral di otak.

2. Kanker payudara

Wanita yang membawa gen bermutasi BRCA1 atau BRCA2 dari ibunya memiliki risiko lebih tinggi terhadap kanker payudara. Sebagian besar wanita mengembangkan gen ini bahkan pada usia dini.

Jika Anda memiliki kanker payudara, Anda disarankan untuk menjalani skrining genetik. Wanita yang memiliki riwayat kanker payudara perlu menjalani mastektomi profilaksis untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker bagi keturunannya.

3. Alzheimer

The Alzheimer Society menemukan kalau gen Alzheimer mampu bermutasi. Jika Ibu Anda sedang mengalami atau sudah mengalami Alzheimer, maka kesempatan Anda juga untuk mengidap demensia meningkat 30 hingga 50 persen.

Untuk menghindarinya, Anda perlu menjaga berat badan, tekanan darah dan kolesterol dengan cara berolahraga teratur dan mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya, yang terbukti dapat memperlambat demensia hingga 20 persen.

4. Depresi

Kesehatan mental terkenal adalah penyakit keturunan. Ibu Anda mungkin saja menurunkan penyakit mentalnya hingga 10 persen kepada Anda. Demi menghindari hal ini, Anda disarankan untuk tidur teratur, mengatur konsumsi alkohol dan mengatur level stres Anda.

5. Migrain

Anda mungkin akan terkejut jika tahu migrain adalah penyakit keturunan dengan persentase paling tinggi di antara empat penyakit di atas. Level risiko Anda mendapati penyakit sakit kepala sebelah dari ibu Anda adalah sebesar 70 hingga 80 persen.

Beberapa makanan dan minuman yang memicu penyakit ini dan harus Anda hindari di antaranya cokelat, keju, kopi, buah asam dan wine merah. Perempuan juga diharapkan untuk mengatur gejolak hormon ketika siklus menstruasi datang.

6. Menopause dini

Jika Ibu Anda mendapatkan gejala menopause dini, maka besar kemungkinan Anda pun akan mengalami hal yang sama. Risikonya mencapai level 70 hingga 85 persen, dengan rata-rata usia 51 tahun. Namun satu dari 20 wanita bahkan sudah mendapati menopause dini di usia yang menginjak 46 tahun. Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk menghindar dari menopause dini, namun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro