Buah-buahan/kiwiasians.org
Health

Batasi Konsumsi Buah Ini Saat Musim Hujan

Ria Theresia Situmorang
Rabu, 4 Desember 2019 - 06:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di musim hujan seperti bulan Desember kali ini, dokter Sonia Wibisono memberikan saran mengenai beberapa makanan yang perlu dikonsumsi. 

Ditemui di fX Sudirman, Jakarta Pusat pada Selasa (3/11/2019), ia menyebut makanan yang dikonsumsi harusnya tidak monoton dan perlu dikombinasikan. 

"Misalnya ganti-ganti warna buah yang warnanya bervariasi, penting ganti-ganti ada variasi vitamin. Buah sih apa saja bagus," ungkapnya. 

Namun begitu, lanjutnya, buah yang perlu dibatasi konsumsinya adalah durian yang membuat tenggorokan panas dan tidak disarankan untuk diperbanyak konsumsinya pada musim penghujan saat ini. 

"Kalau takut suara (serak), jangan makan durian soalnya bikin panas. Karena durian punya sifat panas merangsang, jadi buah yang merangsang tenggorokan itu yang dingin kan nggak bagus buat kerongkongan. Jadi bikin gampang batuk pilek," sambungnya. 

Selain durian, beberapa buah yang juga perlu dibatasi konsumsinya di antaranya kelengkeng, anggur dan kiwi. 

"Sedikit-sedikit saja, kiwi sebenarnya bagus, vitamin c-nya tinggi. Tapi mungkin ada yang alergi jadi gampang bikin gatal tenggorokan," ungkapnya. 

Sonia pun mengungkapkan buah kalengan juga perlu dikurangi konsumsinya karena memiliki risiko penyakit jangka panjang yakni kanker. 

"Lebih baik punya taman sendiri, petik sendiri, daripada makan buah kaleng jangka panjangnya bikin kanker karena terdapat pengawet pewarna. Makan sehat, nggak mahal, tapi harus pilih-pilih," terangnya. 

"Makanan kita sekarang bisa jadi lebih mahal lebih buruk. Hidup sehat intinya pilih-pilih makanan saja, jangan semua dimakan, ada yang lebih meracuni bukan menyehatkan malah meracuni," tutupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro