Seni ukir budaya Suku Kamoro dipamerkan di Dharmawangsa Residences, Jakarta, pada 5 hingga 7 Desember 2019. JIBI-Bisnis/Dionisio Damara
Entertainment

Seni Budaya Suku Kamoro dan Upaya Pelestarian Budaya Lokal

Dionisio Damara
Jumat, 6 Desember 2019 - 14:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Guna melestarikan budaya lokal, Yayasan Lontar bekerja sama dengan Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe dan PT Freeport Indonesia menggelar Pameran dan Lelang Seni Ukir dan Anyaman suku Kamoro. 

Pameran yang berlangsung pada 5 hingga 7 Desember 2019 di Darmawangsa Residences, Jakarta, ini menampilkan seni dan budaya Suku Kamoro.

Suku yang tinggal di wilayah pesisir Selatan Papua di Kabupaten Mimika. 

Yuli Ismartono, Direktur Eksekutif Yayasa Lontar, mengatakan bahwa karya seni ukir dan anyam merupakan bentuk penuturan yang dilakukan Suku Kamoro dalam mewariskan budaya dan kearifan lokal ke generasi berikutnya. 

"Karena itu, kami berupaya melestarikan seni ukir dan anyam ini sebagai akar tradisi Suku Kamoro agar pengetahuannya tidak lenyap begitu saja tanpa bekas," ujar Yuli. 

Dia pun meyakini bahwa kearifan lokal tersebut dapat berkontribusi besar kepada kekayaan pengetahuan secara global. 

Seni Budaya Suku Kamoro dan Upaya Pelestarian Budaya Lokal

Sementara itu, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengatakan bahwa PTFI berkomitmen memberdayakan masyarakat Papua, khususnya Suku Kamoro yang keberadaannya bertetangga dengan wilayah kerja  PTFI.  

"Besar harapan kami, melalui upaya promosi dan pelestarian seni dan budaya lokal ini dapat memotivasi para pengukir untuk dapat terus berkarya dan menghasilkan karya seni berkualitas tinggi secara berkelanjutan," tutur Wenas. 

Dalam pergelaran tersebut, terdapat dua barang yang dilelang, yakni Eme dan Yamate Uwou. Eme yang merupakan sejenis kendang khas Suku Kamoro terjual Rp3,6 juta. Adapun, Yamate Uwou, yang berarti ukiran naga, terjual Rp1,5 juta.

Founder Yayasan Maramowe Weaiku Kamorowe, Luluk Intarti, mengatakan bahwa hasil lelang yang terkumpul akan dikembalikan kepada pengukirnya dan sebagian lainnya digunakan untuk program pengembangan dan pelestarian seni budaya Suku Kamoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro