Makan malam/
Relationship

Cara Menghadapi Teman atau Pasangan yang Tak Pernah Mau Bayar Tagihan Makan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 8 Desember 2019 - 09:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda punya teman yang selalu menghindari membayar tagihan makanan ketika Anda makan bareng?

Mereka selalu punya alasan untuk tidak membayar makanan ataupun barang yang mereka beli. Misalnya lupa membawa dompet, atm, atau sedang tidak punya uang. Pada akhirnya selalu Anda yang harus membayar tagihan setiap kali kalian bersama.

Hal ini juga mungkin terjadi pada Anda yang memiliki pasangan. Apalagi, jika Anda seorang perempuan yang harus terus membayarkan tagihan makan dan belanjaan kekasih Anda. Tentu saja lama kelamaan ini akan menjadi kebiasaan buruk yang akan menggerogoti Anda.

Pada akhirnya, Anda tidak menyadari tujuan mereka berteman atau berkencan dengan Anda untuk apa. Bisa jadi hanya untuk memanfaatkan Anda membayarkan apapun yang mereka inginkan.

Kondisi ini harus segera diatasi. Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan menghadapi teman atau pasangan yang tidak pernah mau mengeluarkan uang untuk membayar tagihan, seperti dikutip dari Boldsky berikut ini :

1. Cari Tahu Alasan Di Baliknya

Bisa jadi teman atau pasangan Anda sedang mengalami krisis keuangan atau berasal dari latar belakang keuangan yang lemah. Sebelum menghakimi, pastikan Anda mengetahui dengan baik kondisi keuangannya. Daripada mengolok-olok, Anda bisa memikirkan cara untuk membantunya. Anda dapat membatasi tamasya dengannya sampai ia menjadi stabil secara finansial.

2. Sampaikan keberatan

Jika teman Anda tidak mengalami krisis keuangan dan memiliki stabilitas keuangan, tetapi tidak pernah membayar atau membagi tagihan maka Anda pasti dapat menghadapi dia tentang hal itu. Pastikan Anda menyampaikan masalah dengan tenang dan meyakinkan.Misalnya mengatakan sepertinya kita harus mulai membayar secara patungan tagihan makanan ini.

3. Ingatkan Dia Untuk Membawa Dompet

Terkadang teman pengamen Anda akan membuat alasan seperti, 'Saya lupa dompet / uang tunai'. Ini mungkin terjadi berulang-ulang. Untuk ini, Anda bisa memikirkan untuk mengingatkan teman Anda untuk membawa dompetnya sebelum dia keluar dari rumah. Anda dapat berkata, "Tolong jangan lupa membawa uang tunai di dompet Anda.

4. Pastikan Anda Membagi Tagihan

Daripada membayar tagihan dan menyesali tindakan Anda, akan lebih baik jika Anda membagi tagihan saat bon tiba. Segera setelah tagihan tiba, beri tahu teman Anda bahwa akan lebih baik untuk membagi tagihan dan membayarnya. Ini tidak diragukan lagi akan membantu Anda dalam berurusan dengan teman pencemooh dan menyelamatkan diri dari menghabiskan seluruh uang saku Anda.

5. Hindari Membayar Setiap Kali Anda Keluar

Mungkin saja setiap kali pergi, Anda adalah orang pertama yang mengeluarkan dompet dan membayar tagihan. Ini terjadi setiap saat dan Anda tidak tahu cara menghentikan ini. Biarkan teman Anda mengambil langkah pertama kali. Teman Anda mungkin meminta Anda untuk membayar tagihan tetapi Anda dapat melakukan penolakan dengan mengatakan,bahwa Anda sedang tidak kekurangan uang dan memintanya untuk membayarnya terlebih dahulu.

6. Minta tagihan di depan orang lain

Jika Anda merasa dirinya memang sengaja tidak ingin membayar tagihan makan, maka cobalah tagih di depan orang lain. Di depan pelayan atau kasir misalnya. Dengan cara itu, dia pasti akan merasa malu untuk menolaknya.

7. Hanya Membayar Untuk Apa yang Anda Pesan

Bahkan setelah mencoba tips yang disebutkan di atas, Anda tidak melihat perubahan positif yang datang, maka di sini ada tip lain untuk Anda. Untuk ini, Anda hanya dapat membayar untuk apa yang Anda pesan. Anda juga dapat memiliki tagihan terpisah untuk Anda dan teman Anda. Ini pasti akan membuatnya membayar tagihan. Teman Anda mungkin merasa tidak enak karena ini, tetapi untuk menutupi ini Anda bisa mengatakan, 'Saya tidak ingin membagi tagihan. Jadi bisakah kita membayar pesanan masing-masing? '

8. Minta berbagi tagihan sebelum makan

Jika Anda berencana melakukan perjalanan atau memesan makanan secara online atau makan di tempat, katakan sebelum memesan makanan bahwa mereka harus membayar atas apa yang mereka pesan. Dan katakan Anda hanya membawa uang untuk makanan yang Anda pesan.

9. Sebutkan gilirannya untuk membayar tagihan

Lain kali Anda pergi berbelanja atau makan siang bersama teman-teman Anda, pastikan Anda mengingatkannya untuk membayar tagihan. Anda dapat mengatakan, 'Terakhir kali kami pergi, sayalah yang melakukan pembayaran. Jadi saya pikir sekarang giliran Anda untuk membayar. Saya harap kamu tidak keberatan '. Jika teman Anda masih membuat alasan untuk menghindari tagihan, Anda dapat menghindari memesankan makanan untuknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro