Health

Trauma Bisa Disembuhkan dengan Pola Makan

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 10 Desember 2019 - 14:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bidang kesehatan mental pada umumnya lambat mengenali peran yang dapat dimainkan nutrisi dalam kesehatan mental.

Namun, penelitian terbaru telah mulai mengubah kepercayaan yang dipegang secara umum. Misalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa diet dapat memainkan peran penting dalam mengobati depresi (mis., Percobaan SMILES dan studi HELFIMED). Studi lain telah menemukan bahwa suplemen nutrisi secara signifikan dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan gejala stres pasca trauma setelah peristiwa traumatis utama.

Nutrisi mungkin sangat penting setelah pengalaman traumatis karena tubuh kita memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih besar saat kita sembuh. (Lihat diskusi ini dengan Dr. Julia Rucklidge, yang telah melakukan penelitian perintis mengenai efek suplemen gizi pada kesehatan mental setelah trauma.)

Pengalaman traumatis juga dapat memiliki efek gastrointestinal langsung. "Kita tahu bahwa trauma merusak secara signifikan pada setiap bagian dari sistem pencernaan kita," kata Dr. Gordon. "Misalnya, itu merusak vili — proyeksi kecil dari sel-sel yang melapisi usus kecil - yang menyerap nutrisi yang kita butuhkan untuk setiap sel dalam tubuh kita."

Trauma dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai "usus bocor," di mana "sel-sel yang melapisi usus kecil terpisah, dan melalui protein-protein lorong bocor ke dalam aliran darah yang tidak seharusnya ada di sana," jelas Dr. Gordon. "Sebagai contoh, ketika usus menjadi 'bocor' gluten dan protein susu dapat masuk ke aliran darah dan menyebabkan reaksi peradangan di mana-mana di tubuh, termasuk otak. "

Gordon juga mencatat bahwa trauma “merusak dan mengganggu mikrobioma — triliunan bakteri di usus” yang sangat penting bagi kesehatan usus. Mikrobioma adalah bagian integral dari sistem kekebalan tubuh kita dan menghasilkan banyak neurotransmiter yang kita andalkan; perubahan pasca-trauma pada microbiome dapat menjelaskan risiko yang lebih besar untuk masalah kesehatan fisik setelah trauma.

Dr. Gordon menekankan efek kuat makanan pada tidak hanya kesehatan fisik kita tetapi juga mental dan kesejahteraan emosional kita — efek yang pertama kali dia perhatikan pada tingkat pribadi. "Ketika saya mulai melihat ilmu yang keluar dan apa yang terjadi ketika kita mengalami trauma," katanya, "semuanya jatuh pada tempatnya. Saat kami trauma, kami tidak ingin makan apa pun, atau kami mulai makan makanan yang menenangkan: makanan manis, berlemak, asin, Big Mac, mac-and-cheese, soda pop, ice cream. "

Masuk akal bahwa kita tertarik pada jenis makanan itu. "Mereka adalah makanan yang menenangkan," kata Dr. Gordon, karena mereka meningkatkan kadar neurotransmiter tertentu di otak yang terikat dengan rasa kesejahteraan, seperti serotonin, dopamin, dan endorfin. "Dan mereka sebenarnya menekan kenangan traumatis sampai batas tertentu," lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro