Fashion

Desainer Indonesia Menangi Anfa 2019

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 11 Desember 2019 - 11:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - ANFA Indonesia 2019 yang diselenggarakan Maret lalu, menobatkan Kelly Vallerie dan Dea Yuliana sebagai dua pemenang ANFA tingkat nasional. Keduanya kemudian berkompetisi tingkat regional pada Oktober 2019 di Singapura.

Indonesia mencatat momen membanggakan ketika Kelly Vallerie menjadi pemenang Grand Final ANFA 2019 lewat desainnya yang bertajuk "Freak".

"Karena tujuannya melahirkan talenta baru yang bisa berkompetisi di industri fashion lokal maupun internasional, maka finalis ANFA akan melewati bukan saja penilaian, tetapi pendampingan dan monitoring,” ujar Ria Lirungan, Editor in Chief Harper’s Bazaar Indonesia dalam keterangannya, Selasa.

Insiprasi desain itu diperoleh dari film musikal "The Greatest Showman", cerita sekumpulan orang-orang unik yang mampu mengeluarkan sisi baiknya. Koleksinya tampil multifungsi dan mengalami transformasi yang didukung oleh elemen dekonstruksi dan sulaman-sulaman patch.

Melalui koleksi busana multifungsi yang dia desain, Kelly sukses membawa pulang hadiah beasiswa dari Istituto Marangoni dan uang tunai sebesar 10.000 dolar Singapura.

Selain itu, Le Hoang Son, finalis asal Vietnam muncul sebagai First Runner Up, dan Rena Kok finalis asal Singapura sebagai Second Runner Up.

"Perjalanan mengikuti kompetisi ANFA 2019 ini merupakan perjalanan panjang yang sangat berharga, penuh tantangan, dan tak terlupakan bagi saya. Berkat banyak tuntunan dan kesempatan berharga yang diberikan oleh Harper’s Bazaar Indonesia, saya dapat mengeksplorasi desain dan memperluas hubungan di industri fashion yang menghantarkan brand saya kepanggung fashion Asia.” ujar Kelly Valerie.

"Hasil desain finalis terpilih dengan program mentoring yang komprehensif, mulai dari pembuatan business plan sampai ke pop-up store. Finalis terpilih akan dibimbing untuk terjun ke dunia bisnis,” ujar Iwet Ramadhan, Head of Business Growth MRA Media.

Beberapa pemenang dan alumni ANFA dari ragam tahun seperti Andandika Surasetja, Kelly Valerie, dan Dea Yuliana akan menampilkan koleksinya di acara Fashion Rock pada 31 Januari 2020 di 3 station MRT Jakarta. Setiap desainer menampilkan 10 koleksi yang dirancang khusus dengan menggabungkan antara musik dan fashion.

Selain itu, pencarian desainer muda berbakat untuk ikut ANFA Indonesia 2020 telah dibuka pada 9 Desember 2019 sampai dengan 27 Januari 2020. Sebagai salah satu persyaratan, peserta diharuskan untuk mempersiapkan koleksi dengan tema Sustainability.

“Karena tujuannya untuk melahirkan talenta baru yang bisa berkompetisi di industri fashion lokal maupun internasional, maka pada ANFA Indonesia 2020 mengusung tema sustainability. Tema tersebut dapat memberikan wawasan baru bagi para finalis untuk lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan,”ujar Ria Lirungan.

ANFA bertujuan untuk menemukan dan mewadahi para desainer muda berbakat di negara masing-masing, agar nantinya dapat mewarnai panggung fashion secara global. Proses kurasi untuk mencari talenta baru diawali dengan bimbingan oleh para editor dan perancang mode tersohor. Para finalis dibantu oleh para juri untuk menyempurnakan koleksi serta diberikan arahan tentang pengembangan bisnis dalam industri fashion secara global.

Sebastian Gunawan, salah satu juri ANFA, menambahkan, Wow factor pada pemenang dapat terlihat ketika kreasi desain yang dibuat dengan sungguh-sungguh merupakan gambaran karakter desainer itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro