Kulit wajah sehat dan bebas jerawat/Istimewa
Fashion

Manfaat dan Bahaya Suntik Kulit Putih

Newswire
Jumat, 13 Desember 2019 - 07:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  - Tak bisa dipungkiri, wanita Indonesia kebanyakan masih menyukai kulit putih cerah dibanding kulit berwarna yang sehat.

Hal itulah yang membuat klinik-klinik kecantikan yang menawarkan metode kecantikan suntik putih menjamur dan digandrungi.

Bahkan, para pesohor di Indonesia, sebut saja Barbie Kumalasari terang-terangan mengaku dan mempromosikan perawatan suntik putih yang dia lakukan seminggu sekali.

"Pasalnya orang Indonesia masih mendambakan kulit putih, mereka enggak ngerti kalau dasarnya kulit Indonesia sama orang Korea, misalnya, itu kan beda. Tak ada produk yang sudah dapat lisensi BPOM itu bisa bikin kulit langsung putih. Namanya skincare hanya bisa merawat, semakin sering dirawat maka semakin bersih dan sehat," kata Maharani Kemala pendiri produk kecantikan dan klinik estetika MS Glow beberapa waktu lalu.

Padahal, suntik putih memiliki sejumlah efek negative, jika tidak dilakukan dengan benar oleh pakar, mulai dari emboli udara sampai infeksi sistemik yang bisa menyebabkan kematian.

"Laporan kasus morbiditas pada penyuntikan vitamin pencerah kulit umumnya memberikan sebab penggunaan alat tidak steril, cara penyuntikan salah, dan obat palsu sebagai sebab masalah kesehatan serius pada pasien seperti emboli udara, alergi berat sindrom steven johnson, sepsis atau infeksi sistemik, dan lain-lain," kata pakar dermatologi, dr Eddy Karta SpKK.

Eddy menyebut kasus kematian akibat suntik putih bahkan mencapai 75 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro