Ilustrasi/hrinc.com
Health

Studi AS Desak Perawatan Dini terhadap Orang dengan Autisme

Dionisio Damara
Senin, 16 Desember 2019 - 22:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - American Academy of Pediatrics (AAP) mengeluarkan pedoman perawatan autisme yang bertujuan membantu dokter mengidentifikasi anak-anak berisiko sehingga mendapatkan perawatan sedini mungkin. 

Dilansir dari Reuters, Senin (16/12/2019), laporan yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics itu mendesak para dokter untuk memeriksa semua kunjungan bayi di rumah sakit dan merujuk anak-anak untuk melakukan perawatan ketika tanda-tanda awal gejala autisme terlihat. 

Susan Levy, seorang dokter perkembangan dan perilaku anak di Children's Hospital of Philadelphia, Amerika Serikat, mengatakan bahwa identifikasi sedini mungkin bermanfaat untuk mengambil tindakan awal perawatan.

"Perawatan awal, khususnya intervensi perilaku, memang membuat perbedaan," kata Levy.

Lebih dari lima juta orang Amerika hidup dengan autisme. Sebuah spektrum gangguan yang ditandai oleh defisit dalam komunikasi sosial, interaksi, dan perilaku, sesuai dengan tingkat keparahan.

Sejak 2007, ketika AAP menerbitkan dua dokumen pedoman terakhirnya, jumlah anak di Amerika Serikat yang didiagnosis autisme telah meningkat tajam. Autisme saat ini telah menyerang 1 dari 59 anak di Amerika Serikat. Rasio itu meningkat dari 2007 yang menyerang 1 dari 155 anak.

Baca Juga Vaping dan Depresi

Pada saat itu, para ilmuwan telah mengembangkan pemahaman lebih baik tentang faktor-faktor risiko potensial dan gen yang berkontribusi terhadap autisme. 

"Laporan ini benar-benar berfokus pada cara dokter mendidik anak dan penyedia layanan kesehatan lainnya dalam memberikan semua opsi masalah, serta untuk memberdayakan mereka. Sebab, mereka ada di garis depan untuk membuat rujukan awal," kata Levy.

Laporan itu menyebutkan bahwa sekitar 40 persen orang dengan autisme memiliki cacat intelektual dan sekitar 40 persen hingga 60 persen anak-anak usia sekolah dan orang dewasa dengan autisme memiliki gangguan kecemasan. 

Orang dengan autisme juga memiliki attention-deficit/hyperactivity disorder (ADHD), gangguan bahasa, gangguan tidur, makan, serta gejala gastrointestinal, dan kejang. 

Laporan tersebut juga mendorong para dokter untuk berbagi pengambilan keputusan dengan keluarga dan membantu mereka untuk merencanakan  seorang anak transisi ke masa remaja hingga dewasa.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro