Ilustrasi aktivitas spiritual yang kerap kali merupakan jalan dalam proses pencarian makna hidup./Antara-Zabur Karuru
Health

Penemuan Makna Hidup Pengaruhi Kesehatan Fisik & Mental

Reni Lestari
Rabu, 18 Desember 2019 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Selama 3 dekade terakhir, makna hidup telah muncul sebagai pertanyaan penting dalam penelitian medis, terutama dalam konteks populasi yang menua.

Sebuah studi baru-baru ini oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas San Diego California, AS, menemukan bahwa keberadaan dan pencarian makna dalam kehidupan adalah hal penting bagi kesehatan, meskipun hubungannya berbeda pada orang dewasa yang lebih muda dan lebih tua dari usia 60.

"Banyak yang berpikir tentang makna dan tujuan hidup dari sudut pandang filosofis, tetapi makna hidup dikaitkan dengan kesehatan, kebugaran, dan umur panjang yang lebih baik. Mereka yang memiliki makna dalam hidup lebih bahagia dan lebih sehat daripada mereka yang tidak memilikinya," kata penulis senior Dilip V. Jeste, dilansir Science Daily pada Rabu (18/12/2019).

Studi yang dipublikasikan secara online dalam Journal of Clinical Psychiatry ini menemukan bahwa keberadaan makna dalam kehidupan dikaitkan dengan kondisi fisik dan mental yang lebih baik. Sedangkan pencarian makna hidup yang belangsung lama dikaitkan dengan tingkat stres.

"Ketika Anda menemukan lebih banyak makna dalam hidup, Anda menjadi lebih puas, sedangkan jika Anda tidak memiliki tujuan dalam hidup dan mencarinya dengan tidak berhasil, Anda akan merasa jauh lebih stres," kata Jeste.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keberadaan makna dalam kehidupan menunjukkan hubungan terbalik berbentuk U, sedangkan pencarian makna dalam kehidupan menunjukkan hubungan berbentuk U dengan usia.

Para peneliti menemukan bahwa usia 60 adalah ketika keberadaan makna dalam puncak kehidupan dan pencarian makna kehidupan berada pada titik terendah.

"Ketika Anda masih muda, seperti di usia 20-an, Anda tidak yakin tentang karier Anda, pasangan hidup dan siapa Anda sebagai pribadi. Anda mencari makna dalam hidup. Ketika mulai memasuki usia 30-an, 40-an, dan 50-an, Anda memiliki hubungan yang lebih mapan, mungkin kamu sudah menikah dan punya keluarga dan menetap dalam karier. Pencarian menurun dan makna dalam hidup meningkat," jelasnya.

Selanjutnya, setelah usia 60 tahun, segalanya mulai berubah. Orang-orang pensiun dari pekerjaan mereka dan mulai kehilangan identitas. Mereka mulai memiliki masalah kesehatan, beberapa teman dan keluarga mereka mulai meninggal. Mereka mulai mencari makna dalam hidup lagi karena arti mereka dulu telah berubah.

Studi cross-sectional yang berlangsung 3 tahun ini memeriksa data dari 1.042 orang dewasa, usia 21 hingga 100 tahun, yang merupakan bagian dari Evaluasi Penuaan Sukses (SAGE) - sebuah studi multi-kohort dari penduduk senior yang tinggal di San Diego County.

Kehadiran dan pencarian makna dalam hidup dinilai dengan wawancara, termasuk makna dalam kuesioner kehidupan di mana peserta diminta untuk menilai item, seperti, "Saya mencari tujuan atau misi untuk hidup saya" dan "Saya telah menemukan kehidupan yang memuaskan tujuan."

"Bidang medis mulai mengenali bahwa makna dalam kehidupan adalah faktor yang relevan secara klinis dan berpotensi dapat dimodifikasi, yang dapat ditargetkan untuk meningkatkan kesejahteraan dan fungsi pasien," kata Awais Aftab, penulis pertama makalah ini dan mantan rekan di Departemen Psikiatri di UC San Diego.

Jeste mengatakan langkah-langkah penelitian selanjutnya termasuk melihat bidang-bidang lain, seperti kebijaksanaan, kesepian dan kasih sayang, dan bagaimana ini berdampak pada kehidupan.

"Kami juga ingin memeriksa apakah beberapa jenis stres dan penuaan dikaitkan dengan pencarian dan menemukan makna dalam kehidupan. Ini adalah saat yang menyenangkan di bidang ini karena kami berusaha menemukan jawaban berbasis bukti untuk beberapa pertanyaan paling dalam kehidupan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro