Relationship

Self Healing dengan Terapi Warna

Dewi Andriani
Kamis, 19 Desember 2019 - 14:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Awal 2020, menjadi dekade baru yang dipersepsikan sebagai permulaan untuk menghadirkan kembali eksistensi manusia yang selama ini sempat tenggelam dalam kesibukan dan dunia digital yang melingkupinya kesehariannya.

Manusia modern saat ini seolah hidup berkejar-kejaran dalam segala tuntutan, waktu, tekanan, aktivitas, dan lain sebagainya. Saking banyaknya yang dikejar, manusia menjadi putus hubungan dengan dirinya sendiri dan lupa akan makna dari hidupnya.

Sadar akan hal tersebut, tidak sedikit yang kemudian merasa perlu menghadirkan kembali kebaikan yang selama ini mungkin sempat terlewatkan, bercengkrama bersama keluarga serta menemukan rasa nyaman dan tenang bersama yang tersayang. Mengembalikan kembali sisi-sisi kemanusian, dan makna dalam kehidupannya.

“Momen pergantian tahun ini dapat menjadi panggilan untuk kita jeda sejenak, tapi bukan berarti berhenti total tetapi rehat sejenak untuk merenungkan apa yang penting dan berharga sehingga bisa diletakkan sebagai fokus ,” ujar Reza Gunawan, seorang praktisi kesehatan holistic yang juga pendiri The Nature Holistic Healing.

Untuk merefleksikan dan menemukan kembali diri seutuhnya, seseorang bisa menggunakan terapi warna. Menurut Reza, warna bukan hanya sekedar apa yang ditangkap oleh mata, lebih dari itu, warna merupakan bagian dari tubuh sehingga efek yang dihadirkan bisa begitu dalam.

Berdasarkan ilmu yoga dan penyembuhan India, terdapat 7 cakra dari tulang ekor hingga puncak kepala yang mewakiliki tujuh warna dan berhubungan dengan tujuh kelenjar utama di dalam tubuh manusia serta tujuh tema psikologis dalam relationship manusia.

“Warna adalah bagian dari diri kita yang memiliki efek sangat mendalam dan bisa menciptakan efek terapi jika kita benar-benar menggunakannya secara intensional dengan niat, dan kesadaran serta support eksternal seperti simetri ruang, aroma, dan lainnya,” ujarnya.

Dari ketujuh unsur warna tersebut, menurutnya, yang paling memberikan efek menenangkan dan meneduhkan adalah hijau dan biru, meskipun tidak semua orang memiliki intensitas yang sama karena efek yang didapatkan sangat subjektif dan bergantung pada niat, kesadaran, dan lingkungan.

Indra Laban, President Director, PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) mengatakan warna dapat mewakili makna dan cerminan aspirasi human touch. “Karena itu, untuk tahun depan kami memilih Tranquil Dawn yang memiliki nilai filosofis yang kuat, yang memberikan harapan agar di tahun baru, kita dapat merefleksikan diri, menjadi manusia yang lebih positif layaknya menyambut kehidupan di pagi hari yang penuh dengan semangat,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro