Sumber: Independent.co.uk
Health

Kapan Anak-anak Siap Memiliki Smartphone?

Reni Lestari
Selasa, 24 Desember 2019 - 13:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Anak Anda merengek minta dibelikan smartphone, tetapi apakah mereka siap? Memberi anak Anda smartphone adalah titik balik yang sangat besar, karena memberi mereka akses ke seluruh dunia digital, baik dan buruk, dan akan menempatkan mereka di pusat hub komunikasi yang kuat.

Jadi alih-alih menanyakan usia yang tepat, pertanyaannya seharusnya adalah "apa tonggak kemandirian yang telah dicapai anak saya?" dan kemudian "peran apa yang akan dimainkan smartphone dalam kehidupan anak saya?". Berikut beberapa pertimbangan memberikan smarphone pada anak.

1. Apakah Anda punya waktu untuk membimbing?

Mendapatkan smartphone bukanlah hadiah sederhana. Anda harus membantu dan mengawasi mereka sebanyak mungkin, jadi pertimbangkan kesediaan waktu Anda. Liburan bisa jadi sangat sibuk, dan Anda mungkin tidak dapat mencurahkan waktu yang dibutuhkan untuk itu. Akankah Anda berada dalam posisi untuk membimbing anak Anda secara serius saat mereka menjadi pemilik smartphone?

Penting untuk membuat aturan dasar penggunaan smartphone. Diskusikan dan pertimbangkan setiap aplikasi sebelum mengunduhnya, dan diskusikan cara menambahkan kontak dengan cermat. Siapa yang ada di daftar yang disetujui untuk mengirim pesan? Teman sebaya, anggota keluarga, keluarga besar - ada baiknya Anda mendefinisikan dengan jelas beberapa pedoman. Tetapkan aturan tentang akses. Akankah perangkat ini tinggal di kamar anak Anda semalaman, misalnya? Ini perlu didikusikan sebelum telepon diserahkan.

Untuk membantu menetapkan batasan, perlakukan itu sebagai pencapaian. Mulailah merencanakan dengan anak Anda beberapa bulan sebelum realisasi. Buatlah itu bergantung pada tonggak kemandirian utama. Tetapkan tanggal pemberian smartphone dengan anak Anda untuk secara resmi menyerahkan dan mengatur perangkat agar Anda dapat benar-benar fokus pada transisi ini.

2. Bisakah mereka fokus dalam menghadapi gangguan?

Rutinitas pekerjaan rumah dapat memberi tahu Anda tentang kemampuan anak untuk tetap fokus dan merencanakan waktu mereka.

Pertimbangkan apa yang tercermin dari rutinitas pekerjaan rumah anak Anda tentang manajemen waktu dan fokusnya. Bagaimana perangkat memengaruhi hal itu? Orang dewasa dalam keluarga harus membuat model pendekatan proaktif terhadap gangguan. Hindari penyaringan ganda (misalnya mengirim pesan teks saat Anda menonton TV) dan bicarakan langkah-langkah lain yang Anda ambil untuk mengurangi gangguan.

3. Apakah anak Anda menunjukkan penilaian yang baik?

Seorang anak yang siap untuk berjalan pulang dari sekolah secara mandiri atau pergi ke toko sendiri mungkin lebih siap untuk telepon daripada seorang anak yang tidak bisa mengelola hal-hal ini. Ini adalah indikator yang membantu. Gunakan mereka untuk menilai kepercayaan Anda pada penilaian yang baik dari anak Anda dan meningkatkan kedewasaan. Jika tonggak ini terasa sangat jauh, apakah anak Anda memerlukan telepon? Atau apakah ini sesuatu yang harus dilakukan?

Petunjuk hebat lainnya adalah seberapa baik anak Anda melacak barang-barang mereka. Apakah mereka berhati-hati tentang cara mereka memperlakukan buku, mainan, atau harta benda lainnya? Smartphone mahal dan perlu dirawat dengan hati-hati. Siapa yang akan membayar jika hilang, layar dihancurkan atau dicuci melalui saku?

4. Bagaimana anak Anda mengelola hubungan sosial?

Seorang anak yang akan berani, atau mengikuti teman sebaya tidak peduli betapa bodohnya ide-ide mereka, juga lebih rentan dalam SMS atau percakapan media sosial. Bisakah mereka berjalan menjauh dari seorang anak yang kejam, atau mereka berulang kali tersedot ke dalam konflik? Anak-anak yang menunjukkan diri mereka selalu menginginkan persetujuan teman sebaya akan membutuhkan perhatian yang cermat di tahun-tahun awal dengan telepon. Jangan lakukan ini sampai Anda siap.

Menetapkan batas dengan teman sebaya adalah sesuatu yang dapat mereka lakukan, dengan bantuan orang tua. Cari tanda-tanda empati dalam hubungan mereka. Apakah anak Anda tampaknya memahami efek kata-kata mereka pada orang lain? Apakah mereka meminta maaf ketika melukai perasaan seseorang? Refleksi diri dan upaya untuk memperbaikinya adalah pertanda baik bahwa anak-anak dapat memperbaiki kesalahan mereka.

Teknologi memperkuat hubungan sosial. Sangat penting bagi anak-anak untuk memahami bahwa ada seseorang (atau sekelompok orang) membaca kata-kata mereka atau menonton video yang mereka posting. Jika mereka cenderung menjadi nuklir dalam konflik dengan teman-teman atau di rumah, kerjakan sebelum membeli smartphone, dan lambat dengan menambahkan kontak dan aplikasi.

Perhatikan interaksi mereka. Anak-anak bisa sangat tidak sabar menunggu jawaban. Bantu mereka berlatih kesabaran sebelum mendapatkan telepon. Anda tidak ingin mereka meledakkan ponsel teman mereka dengan 20 pesan ketika mereka tidak segera mendengarnya kembali. Kontrol impuls juga sulit bagi banyak anak. Minta anak Anda berlatih berhenti sebelum merespons - dan ketahui kapan harus berbicara langsung.

5. Apakah anak Anda tahu kapan harus meminta bantuan?

Akhirnya, terlepas dari apakah Anda berencana untuk membaca teks anak Anda atau melihat perangkat yang Anda berikan kepada mereka, pastikan anak Anda tahu situasi apa yang memerlukan intervensi orang dewasa. Sudahkah mereka menunjukkan penilaian yang baik tentang kapan memberi tahu orang dewasa tentang masalah teman sebaya? Ketika mereka melakukannya, Anda harus menegaskan bahwa mereka membuat pilihan yang bagus.

Mereka perlu tahu bahwa mereka bisa mendatangi Anda bahkan jika mereka telah melanggar peraturan atau melakukan kesalahan. Pernahkah mereka mendekati Anda tentang sesuatu yang mereka dengar atau kekhawatiran mereka tentang anak lain? Sebelum memberi mereka telepon, jalankan melalui beberapa skenario potensial yang terlalu serius untuk diselesaikan dengan dukungan rekan saja.

Tidak ada waktu yang tepat untuk memberi anak akses pada smartphone, dan idealnya ini adalah transisi yang Anda bangun dengan pandangan ke arah peningkatan kemandirian dalam perawatan diri, akal sehat, organisasi, dan empati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro