Star Wars The Rise of Skywalker/Reuters
Entertainment

Penjualan Tiket Bioskop Amerika Utara Turun 3,6 Persen

Syaiful Millah
Selasa, 24 Desember 2019 - 09:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan riset dan analitik Comscore memproyeksikan pendapatan box office di pasar domestik Amerika Utara tahun ini mengalami penurunan dibandingkan capaian tahun sebelumnya.

Comscore menyebut penjualan tiket sepanjang tahun ini berkisar US$11,45 miliar, turun 3,6 persen dibandingkan rekor tahun lalu yang mencapai US$11,88 miliar.

Jika prediksi ini benar, maka jumlah ini akan menjadi penurunan tahunan (yoy) terbesar sejak 2014, ketika pendapatan domestik anjlok 5,1 persen dari 2013. Box office Amerika Utara kembali naik ke pada 2015 dengan kenaikan sebesar 7,5% dari tahun sebelumnya.

Berita baiknya, angka US$11,45 miliar merupakan hasil kedua terbaik sepanjang masa dalam sejarah box office Amerika Utara, mengalahkan peringkat kedua yang saat ini ditempati oleh capaian tahun 2016 dengan nilai USS$11,38 miliar.

Sementara itu, angka box office internasional masih belum mendapatkan hasil perhitungan. Pada 2018, jumlah penjualan tiket di seluruh dunia mencapai angka US$41,1 miliar.

“Mengingat tingkat persaingan yang besar dengan tambahan pilihan lain di berbagai platform, ini seharusnya menjadi hasil menggembirakan bagi industri keseluruhan, 2019 sepertinya akan memberikan pendapatan box office tahunan terbaik kedua,” kata Paul Dergarabedian, analis Comscore seperti dikutip Hollywod Reporter, Selasa (24/12).

Sepanjang perjalanan tahun ini, sebagian besar analis box office cukup percaya bahwa 2019 bisa memecahkan rekor penjualan tiket terbaru. Akan tetapi, banyak kasus film-film sekuel yang justru tidak berkinerja baik.

Bahkan, film anyar Star Wars: The Rise of Skywalker (2019) yang bisa dibilang merupakan film pamungkas waralaba, tidak lantas membawa film ini dibuka dengan pendapatan tertinggi.

Film arahan sutradara J.J. Abrams itu memulai pekan perdananya dengan pendapatan US$175,5 juta, sekitar 20 persen lebih rendah dibandingkan dengan film Star Wars: The Last Jedi (2017) yang memulai debutnya dengan US$220 juta.

Sementara itu, dari segi perusahaan hiburan, lagi-lagi tahun ini menjadi milik Disney yang menyumbang lebih dari 35 persen pangsa pasar domestik Amerika Utara.

Catatan keberhasilan itu bisa dibilang luar biasa. Tujuh dari sepuluh film paling laris yang dirilis tahun ini ditempat oleh film-film Disney. Bahkan, enam film di antaranya berhasil memecahkan rekor pendapatan lebih dari US$1 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro