Sumber: Medical News Today
Relationship

Resolusi Tahun Baru dan Strategi Jitu Merealisasikannya

Reni Lestari
Kamis, 2 Januari 2020 - 14:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apakah Anda memiliki resolusi tentang kesehatan di tahun ini? Resolusi Tahun Baru adalah tradisi kuno yang berlanjut hingga hari ini. Tradisi ini dimulai sejak orang Babilonia mengawali setiap tahun dengan janji membayar utang dan mengembalikan barang pinjaman. Begitupun dengan orang-orang Romawi yang memulai tahun mereka dengan menjanjikan dewa Janus bahwa mereka akan berperilaku lebih baik.

Dalam masyarakat modern, banyak orang masih berjanji untuk melakukan perubahan ketika tahun baru tiba. Keinginan ini dalam banyak kasus didorong oleh ekses masa liburan. Resolusi paling umum tampaknya berkaitan dengan penurunan berat badan, berhenti merokok, mengurangi minum, dan berolahraga lebih banyak.

Sebuah studi pada 1989 melacak 200 orang yang tinggal di Pennsylvania ketika mereka berusaha untuk membuat perubahan berdasarkan resolusi Tahun Baru. Rata-rata, para peserta membuat resolusi untuk berhenti merokok atau menurunkan berat badan. Sedikit diantaranya berjanji untuk memperbaiki hubungan, dan secara mengejutkan 2,5% berharap untuk mengendalikan kebiasaan minum mereka.

Sebanyak 77% menyatakan berhasil mempertahankan janji mereka selama 1 minggu, tetapi tingkat keberhasilan turun menjadi 19% selama 2 tahun. Dari 77% orang yang berhasil, lebih dari setengah melanggar janjinya setidaknya sekali, dan rata-rata 14 kali selama 2 tahun.

Sebuah studi dalam Journal of Consulting dan Clinical Psychology pada 1988 mengikuti upaya 153 orang yang bertekad untuk berhenti merokok pada tahun baru.

Pada 1 bulan, 77% dari peserta telah mengelola setidaknya satu periode 24 jam pantangan. Namun secara keseluruhan, hasilnya tampak sedikit mengecewakan.

"Hanya 13% dari sampel berpantang pada 1 tahun, dan 19% melaporkan pantang pada tindak lanjut 2 tahun," kata penulis laporan itu, dilansir Medical News Today, Kamis (2/1/2020).

Studi lain, muncul di PLOS ONE, mengambil pandangan yang lebih umum pada perilaku. Tim peneliti melacak kebiasaan belanja makanan dari 207 rumah tangga dari Juli 2010 hingga Maret 2011.

Para peneliti menemukan bahwa, selama periode liburan pengeluaran meningkat sebesar 15%. Tiga perempat dari peningkatan ini terjadi pada barang-barang yang kurang sehat. Juga, seperti yang diharapkan, ketika Januari tiba, penjualan barang-barang sehat melonjak 29,4%.

Para penulis percaya bahwa kunci untuk resolusi yang sukses adalah fokus pada penggantian barang yang tidak sehat dengan yang sehat, daripada membeli keduanya. Itu saran yang masuk akal, tetapi tidak selalu mudah diimplementasikan.

Dalam studi Pennsylvania yang disebutkan di atas, para ilmuwan tidak menemukan hubungan antara tingkat keberhasilan dan jenis kelamin atau usia peserta; sama halnya, jenis resolusi tidak mempengaruhi seberapa besar kemungkinan mereka untuk berhasil.

Para peneliti menghubungi peserta melalui telepon setelah 1 minggu, 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 2 tahun. Selama wawancara ini, para peneliti juga bertanya kepada peserta teknik apa yang mereka gunakan untuk membantu mereka menjaga resolusi.

Mereka menemukan bahwa peserta paling sukses menerapkan kontrol stimulus di semua lima pos pemeriksaan. Kontrol rangsangan adalah tindakan menjaga hal-hal di sekitar Anda yang mengingatkan Anda mengapa Anda memilih resolusi.

Studi lain yang telah menyelidiki penghentian merokok secara lebih umum telah mengidentifikasi faktor-faktor yang meningkatkan kemungkinan berhenti. Faktor-faktor ini termasuk menjauh dari lingkungan perokok, tidak minum alkohol, teknik manajemen stres, dan kekuatan.

Para penulis studi di atas membuat beberapa kesimpulan menyeluruh yang harus meningkatkan kepercayaan diri setiap penyelesai Tahun Baru.

"Peserta yang membuat resolusi melaporkan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi pada 6 bulan daripada mereka yang tidak."

Jadi, meskipun tidak menjamin keberhasilan, hanya dengan membuat resolusi, peluangnya akan lebih besar. Menurut data ini, membentuk resolusi Tahun Baru meningkatkan peluang Anda menghasilkan perubahan lebih dari 10 kali lipat.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membuat resolusi untuk tahun 2020, menurut temuan penelitian ini, pendekatan terbaik adalah menjaga hal-hal di sekitar Anda untuk mengingatkan Anda mengapa Anda ingin membuat perubahan itu.

Juga, hadiahi diri Anda untuk kesuksesan, dan tetap termotivasi. Lemparkan dosis kuat tekad yang sehat ke dalam campuran musiman, dan Anda kemungkinan besar akan berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro