Sumber: Independent.co.uk
Health

Ini Manfaat Lari bagi Peserta Maraton Pertama Kali

Reni Lestari
Selasa, 7 Januari 2020 - 15:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika dunia memasuki tahun baru, banyak dari kita akan menetapkan resolusi yang ambisius, seperti menjalankan maraton untuk pertama kalinya.

Hal ini mungkin tampak menakutkan, terutama bagi mereka yang tidak menganggap diri mereka pelari. Namun, penelitian baru telah menemukan bahwa pelari maraton pertama kali menikmati berbagai manfaat kesehatan . 

Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh Barts Health NHS Trust dan University College London, Anda tidak harus menjadi pelari maraton yang berpengalaman untuk mendapat manfaat utama dari berlari. Studi ini menemukan bahwa mereka yang berlari maraton untuk pertama kalinya dapat mengurangi tekanan darah dan kekakuan otot dinding arteri, yang, ketika terlalu tebal, dapat meningkatkan risiko stroke.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menemukan bahwa maraton juga bermanfaat bagi peserta karena memicu peremajaan pembuluh darah hingga 4 tahun lebih muda.

Manfaat terbesar dicatat pada pelari maraton pria yang lebih tua dengan tekanan darah awal yang lebih tinggi dan mereka yang berlari maraton dengan lambat.

Untuk penelitian ini, para peneliti melihat data dari kelompok 138 pelari maraton sehat pertama yang menyelesaikan London Marathon di tahun 2016 atau 2017.

Peserta tidak memiliki riwayat jantung yang signifikan dan rata-rata berlari kurang dari dua jam seminggu untuk pelatihan mereka. Partisipan rata-rata berusia 37 tahun dan keseimbangan gender terbagi rata antara pria dan wanita.

Setiap orang yang termasuk dalam penelitian ini menjalani pemeriksaan kesehatan yang berlangsung selama enam bulan, sebelum memulai maraton. Tes yang sama kemudian diulangi dalam waktu tiga minggu setelah peserta menyelesaikan lomba lari.

Tes termasuk pengukuran tekanan darah, pengukuran kekakuan aorta oleh pencitraan resonansi magnetik kardiovaskular (MRI) dan penentuan usia vaskular mereka.

Dalam hal rata-rata waktu penyelesaian, para peneliti menemukan para pria menyelesaikan maraton dalam empat jam dan 30 menit sementara wanita melakukan hal yang sama dalam lima jam dan 40 menit.

Charlotte Manisty dari Barts Heart Center dan University College London mengatakan, ketika dokter bertemu dengan pasien di tahun baru, membuat rekomendasi latihan olahraga yang berorientasi pada tujuan - seperti mendaftar untuk maraton atau bersenang-senang - mungkin bagus motivator bagi pasien kami untuk tetap aktif.

"Studi kami menyoroti pentingnya modifikasi gaya hidup untuk memperlambat risiko yang terkait dengan penuaan, terutama karena tampaknya tidak pernah terlambat sebagaimana dibuktikan oleh pelari kami yang lebih tua dan lebih lambat," katanya seperti dilansir Independent, Selasa (7/1/2020).

Manisty menambahkan bahwa penelitian ini juga menunjukkan kemungkinan untuk membalikkan konsekuensi penuaan pembuluh darah hanya dengan pelatihan enam bulan.

"Manfaat ini diamati pada individu sehat secara keseluruhan dalam rentang usia yang luas dan waktu maraton mereka menunjukkan pelatihan olahraga yang dapat dicapai pada peserta pemula," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro