ilustrasi masker KN95/Istimewa
Health

Cegah Penyebaran Pneumonia, KJRI Hong Kong Keluarkan Imbauan

Sri Mas Sari
Kamis, 9 Januari 2020 - 19:45
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA - Konsulat Jenderal RI (KJRI) Hong Kong mengimbau masyarakat melakukan serangkaian upaya pencegahan dari infeksi paru-paru menular atau viral pneumonia.
 
Mengutip laman Kementerian Luar Negeri, imbauan itu mengharapkan masyarakat melakukan upaya pencegahan, baik ketika bepergian ke luar Hong Kong maupun tidak bepergian. Imbauan itu juga menyebutkan kasus infeksi viral pmeumonia yang diduga berasal dari Wuhan, China, sedang ditangani oleh otoritas kesehatan Hong Kong. 
 
Jika diperlukan, masyarakat bisa melapor ke otoritas setempat melalui nomor telepon 9155 4023 atau KJRI Hong Kong melalui medsos facebook.com/kjrihk dan WA hotline 6773 0466 dan 5294 4184.  
 
Seperti diketahui, puluhan warga telah menjalani perawatan medis di Wuhan sejak pasien pertama menampakkan gejala-gejala penyakit itu pada 12 Desember 2019 (Bisnis.com, 9/1/2020).
 
Berikut ini imbauan yang dikeluarkan KJRI Hong Kong tertanggal 9 Januari 2020:
 
Imbauan Perjalanan
- Menghindari sentuhan terhadap binatang-binatang liar/buruan, termasuk babi, rusa, unggas, dan binatang liar, serta kotoran binatang; 
- Menghindari kunjungan ke pasar basah, pasar unggas, ataupun peternakan unggas; 
- Menghindari kontak fisik dengan pasien, terutama yang mengidap infeksi paru-paru akut; 
- Menghindari kunjungan ke tempat yang menyajikan daging binatang liar/buruan dan jangan mengonsumsi daging binatang liar/buruan;
- Memastikan kebersihan dan kelayakan konsumsi makanan, serta menghindari konsumsi makanan, serta menghindari konsumsi produk olahan dari binatang, termasuk susu, telur, daging, dan makanan yang terkontaminasi kotoran binatang, kecuali telah dibersihkan dan dimasak;
- Jika merasa tidak sehat ketika berada di luar Hong Kong, khususnya jika menderita demam dan/atau batuk, kenakan masker dan informasikan staf hotel, pendamping perjalanan atau pihak terkait lain, serta segera mencari bantuan medis;
- Setibanya di Hong Kong, hubungi dokter jika menderita demam ataupun gejala lain dan ceritakan riwayat perjalanan, sert kenakan masker untuk mencegah penyebaran penyakit. 
 
Imbauan Kesehatan
- Sering mencuci tangan secara teratur, khususnya sebelum menyentuh mulut, hidung, dan mata; setelah menyentuh fasilitas publik, seperti eskalator dan pintu; ataupun ketika tangan terkontaminasi cairan akibat batuk dan bersin.
- Mencuci tangan dengan sabun dan air, serta menggosoknya paling tidak 20 detik sebelum dibilas dan dikeringkan dengan kertas tisu atau alat pengering. Jika fasilitas cuci tangan tidak tersedia atau tangan tidak terlihat kotor secara kasat mata, penggunaan cairan pembersih tangan dengan kandungan alkohol 70%-80% bisa menjadi pilihan efektif. 
- Tutupi mulut dan hidung dengan kertas tisu ketika bersin atau batuk. Buang kertas tisu kotor ke tempat sampah berpenutup dan cuci tangan hingga benar-benar bersih.
- Ketika menderita gejala gangguan pernapasan, kenakan masker, tidak pergi ke kantor atau ke sekolah, hindari mendatangi tempat-tempat ramai, dan konsultasikan kesehatan kepada yang berkompeten secepatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro