Pertengkaran/boldsky.com
Relationship

Tanda Jika Anda Egois dalam Berhubungan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 13 Januari 2020 - 09:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komunikasi, saling menghargai adalah kunci penting dalam sebuah hubungan.

Selain dua hal tersebut, ada lagi satu hal yang penting yang dibutuhkan dalam sebuah hubungan, yakni tidak bersikap egois.

Seringkali, kita tidak menyadari mungkin telah bersikap egois pada pasangan. Misalnya kita ingin selalu diperhatikan, kita ingin selalu disayang, tanpa melakukan hal yang sama pada pasangan.

Beragam tuntutan kita berikan pada pasangan, hingga menuntut dia harus selalu setia dan berada di sisi Anda, sementara dia tidak pernah mendapatkan hal yang sama dari Anda.

Pernahkah Anda menyadari hal itu? Berikut tanda bahwa Anda bersikap egois dalam sebuah hubungan :

1. Anda Harus Memenangkan Argumen

Setiap kali ada pertengkaran antara Anda dan pasangan, fokus Anda bukanlah pada bagaimana menyelesaikan masalah tetapi bagaimana Anda bisa memenangkan pertengkaran. Bahkan jika kata-kata Anda menyakiti pasangan Anda, Anda memastikan bahwa Anda tidak kehilangan argumen. 

2. Anda Tidak Mengindahkan Pendapat Pasangan

Pasangan sering meminta pendapat satu sama lain sebelum membuat keputusan penting. Tetapi jika Anda berpikir bahwa Anda tidak harus menghargai pendapat pasangan Anda, karena Anda adalah orang yang paling penting, maka itu adalah tanda bahwa Anda bersikap egois dalam hubungan Anda. Bahkan jika pasangan Anda tidak terlalu matang, terkadang pendapatnya bisa lebih baik daripada pendapat Anda.

3. Anda Selalu Ingin Bersaing Terhadap Pasangan

Merasa kompetitif kadang-kadang dapat membantu Anda dalam memfokuskan pada tujuan Anda tetapi bersaing dengan pasangan Anda untuk menjatuhkannya egois. Anda perlu memahami bahwa setiap orang berbeda dan apa yang dapat kita lakukan adalah saling menerima. Merasa tidak bahagia setelah pasangan Anda mendapat promosi atau pekerjaan yang menyenangkan dan berharap untuk menjatuhkannya bukanlah hal yang baik. Ini bisa membawa rasa pahit pada hubungan Anda.

4. Anda Selalu Mengontrol Pasangan

Anda perlu memahami bahwa hubungan yang sehat melibatkan dua orang yang melakukan upaya yang setara dalam hubungan tersebut. Mengontrol atau mendominasi pasangan Anda bisa membuatnya tercekik untuk Anda berdua. Jika Anda percaya bahwa perlu untuk mengendalikan pasangan Anda, maka mungkin tidak ada yang bisa menyelamatkan hubungan Anda dari keruntuhan.

5. Ingin Pasangan Mendengarkan Segala Sesuatu yang Anda Katakan

Saat jatuh cinta, pasangan memang mengubah kebiasaan atau perilaku tertentu demi kebahagiaan pasangan mereka. Tetapi berharap bahwa untuk membuat Anda bahagia adalah semata-mata pasangan akan selalu melakukannya pasangan Anda untuk mengubah perilakunya sesuai dengan keinginan Anda, adalah tindakan mementingkan diri sendiri. Ingatlah bahwa pasangan Anda adalah manusia dan bukan objek yang akan Anda bentuk dengan cara Anda sendiri. Sebaliknya, bantu mereka untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri.

6. Jarang Menawarkan jalan keluar

Cinta tidak pernah satu ukuran cocok untuk semua dan oleh karena itu, ada kalanya Anda dan pasangan mungkin memiliki berbagai perbedaan. Itu tidak berarti Anda tidak bisa menjadi orang pertama yang memulai rekonsiliasi dengan pasangan Anda. Tetapi jika Anda berpikir bahwa itu adalah tugas pasangan Anda untuk mencari permintaan maaf dan membuat hal-hal normal sepanjang waktu maka itu adalah tindakan yang egois.

7. Cenderung Menerapkan Keputusan Anda Pada pasangan

Adalah baik bahwa Anda memikirkan yang terbaik untuk pasangan Anda dan selalu peduli padanya. Tapi itu benar-benar tindakan egois untuk memaksakan keputusan Anda pada pasangan tanpa mempertimbangkan pilihannya. Daripada memaksakan keputusan Anda dan menetapkan beberapa aturan ketat untuk pasangan Anda, Anda dapat mencoba menjelaskan perspektif Anda kepadanya.

8. Menghargai Hanya Kebutuhan Dan Keinginan Anda

Kadang-kadang, Anda mungkin merasa tidak apa-apa untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan Anda, tetapi jika Anda melakukan ini berulang kali, maka itu bisa menjadi tindakan mementingkan diri sendiri. Anda perlu memahami bahwa merawat kebutuhan dan keinginan pasangan Anda sama pentingnya. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan pilihan pasangan Anda, maka setelah jangka waktu tertentu dia juga mungkin kehilangan minat untuk mengurus kebutuhan Anda juga.

9. Ingin Perhatian Pasangan Sepanjang Waktu

Jelas bagi pasangan untuk menginginkan perhatian pasangannya tetapi melakukan hal-hal negatif untuk mendapatkan perhatiannya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Misalnya, jika pasangan Anda sangat sibuk melakukan sesuatu yang penting dan Anda mengganggunya untuk mendapatkan perhatian menunjukkan bahwa Anda hanya peduli pada diri sendiri.

10.  Tidak Mudah Mengakui Kesalahan

Ini adalah hal yang baik untuk mengakui kesalahan Anda dan meminta maaf jika Anda melakukan sesuatu yang salah. Tetapi jika Anda tidak merasa perlu untuk meminta maaf, terutama ketika itu adalah kesalahan Anda dan membuat pasangan Anda merasa bersalah, bahkan jika itu tidak ada kesalahan, maka Anda perlu memahami ada sesuatu yang salah dengan Anda dan bukan mereka.

11. Benci Kekurangan Pasangan 

Kita semua memiliki kekurangan dan tidak apa-apa untuk melakukan kesalahan. Sebagai seorang mitra, Anda harus belajar untuk menerima kekurangan pasangan Anda dan membantunya untuk mengerjakan kekuatan mereka dan menjadi orang yang lebih baik. Tidak menerima kekurangan pasangan Anda bukanlah hal yang baik untuk dilakukan dan ini dapat memengaruhi hubungan Anda secara negatif dalam jangka panjang.

12.  Sering Mengkhianati Pasangan 

Jika Anda berharap dapat memanipulasi pasangan Anda untuk mendapatkan berbagai bantuan dan apa pun yang Anda inginkan, maka ini bisa menjadi pertanda menjadi egois dalam hubungan Anda. Alih-alih memanipulasi pasangan Anda, Anda dapat mencoba berkomunikasi secara efektif dengannya. Array

13. Selalu Mengancam Untuk Mengakhiri Hubungan

Ada saat-saat ketika Anda mungkin merasa bahwa hubungan Anda tidak lebih sama. Anda mungkin ingin sekali memperbaiki hal-hal yang sebenarnya adalah hal yang baik. Tetapi mengancam pasangan Anda bahwa jika segalanya tidak berjalan sesuai dengan keinginan Anda, Anda dapat mengakhiri hubungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro