Ilustrasi/Sheknows
Relationship

4 Trik Psikologis Mencapai Resolusi Tahunan

Reni Lestari
Rabu, 15 Januari 2020 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pada 2020, kita tidak hanya memasuki tahun baru tetapi juga dekade baru. Inilah kesempatan yang luar biasa untuk merenungkan, menyegarkan, dan mengubah lembaran baru.

Banyak dari kita menggunakan tahun baru sebagai kesempatan untuk menetapkan tujuan baru, tetapi seiring berjalannya waktu, banyak juga dari rencana itu yang tidak terealisasi.

Motivasi adalah hal yang sulit. Motivasi seperti mesin yang dapat Anda atasi. Selama Anda mengotak-atiknya dengan cara yang benar, maka akan menjadi lebih baik.

Dilansir Psychology Today, Rabu (15/1/2019), Psycologist Jade Wu memaparkan empat trik psikologis untuk menetapkan tujuan atau resolusi tahunan Anda.

1. Tetapkan tujuan pembelajaran, bukan tujuan kinerja

Biasanya, ketika kita menetapkan tujuan, kita memikirkan apa yang ingin dicapai, ambang batas apa yang ingin kita katakan yang telah kita lewati.

Misalnya, kurangi berat badan 10 kg, lari maraton, atau mendapatkan promosi di tempat kerja. Sasaran ini spesifik dan konkret.

Hal itu bagus, tetapi penelitian menunjukkan bahwa menetapkan sasaran kinerja jangka panjang berdasarkan hasil pencapaian mungkin tidak seefektif menetapkan sasaran untuk keterampilan baru yang ingin Anda pelajari.

Jadi, mari kita lihat alternatif tujuan penurunan berat badan yang baru saja saya sebutkan. Alih-alih menetapkan tujuan untuk menurunkan 10 kg, lebih baik mungkin meningkatkan pengetahuan gizi Anda dengan mempelajari resep makan siang sehat baru. Tidak hanya menawarkan target yang lebih spesifik, hal ini juga terasa jauh lebih dapat dicapai.

2. Pastikan tujuan  sesuai dengan nilai kehidupan

Bagaimana Anda menentukan tujuan Anda? Apakah terinspirasi oleh apa yang teman-teman Anda lakukan? Apakah ditetapkan oleh figur otoritas dalam hidup Anda?

Dari mana tujuan Anda berasal memiliki dampak besar pada apakah Anda akan mencapainya. Salah satu sumber inspirasi adalah nilai hidup Anda sendiri.

Nilai tidak sama dengan tujuan. Bayangkan Anda sedang berlayar di laut. Sasaran seperti pulau di cakrawala yang Anda tuju. Nilai adalah Bintang Utara yang mengarahkan Anda ke arah yang benar. Tidak semua orang memiliki Bintang Utara sama dalam hal nilai.

Jadi penting untuk mengetahui gambaran besar apa yang penting bagi Anda secara keseluruhan sehingga dapat membantu Anda menavigasi.

Tanyakan pada diri Anda apakah tujuan Anda didasarkan pada nilai-nilai kehidupan Anda yang lebih besar. Jika tidak, buat beberapa penyesuaian. Jika tujuan Anda mencerminkan nilai yang Anda pegang teguh, Anda lebih mungkin berhasil daripada jika tujuan Anda hanyalah "harus" untuk mengecek daftar tugas yang harus Anda lakukan.

3. Buat tujuan tentang tantangan, bukan ancaman

Jika tujuan Anda didasarkan pada intimidasi, kemungkinan Anda untuk mencapainya lebih kecil daripada jika didasarkan pada tantangan. Berikut ini beberapa contohnya:

Jika Anda tidak membuat kemajuan ke arah tujuan berbasis ancaman, Anda mungkin menemukan diri Anda menghindari berurusan dengan situasi sama sekali. Namun versi berbasis tantangan lebih penuh harapan dan berwawasan ke depan. Mereka memberi Anda lebih banyak arah untuk diusahakan.

4. Menandatangani kontrak dengan seseorang

Siapa yang sudah Anda beri tahu tentang tujuan Anda? Berapa banyak detail yang Anda bagikan?

Dalam hal motivasi, kita manusia adalah makhluk sosial. Terkadang sedikit tekanan sosial dapat membantu kita mencapai apa yang kita inginkan. Ada sesuatu tentang berkomitmen pada orang lain yang membuatnya lebih mudah untuk bertahan, atau mungkin lebih sulit untuk menyerah.

Ini mungkin terdengar berlebihan, tetapi berhasil! Ketika datang untuk meningkatkan tingkat latihan mereka, orang yang menandatangani kontrak sosial dengan penyedia layanan kesehatan mereka memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Kontrak berlaku untuk setiap orang karena alasan yang berbeda. Mungkin itu berfungsi sebagai pelari memori, memberikan lebih banyak dukungan sosial, atau membantu mereka memecahkan masalah. Kuncinya adalah menyanyikan kontrak membantu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro