Health

Kapan dan Bagaimana Mengajarkan Empati pada Anak

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 15 Januari 2020 - 13:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empati adalah emosi yang berasal dari memahami apa yang mungkin dirasakan orang lain, dan kemudian merasakan hal yang sama (atau yang serupa).

Rasa empati adalah sesuatu yang berkembang perlahan; itu dimulai pada masa bayi dan berlanjut ke tahun-tahun prasekolah. Pertama, bayi memperoleh kemampuan untuk memahami bahwa orang memiliki niat yang biasanya memandu tindakan mereka, dimulai ketika mereka berusia sekitar 14 hingga 18 bulan.

Penelitian telah menunjukkan, misalnya, bahwa bayi pada usia ini akan membantu orang dewasa yang menunjukkan tanda-tanda kesulitan mencapai tujuan. Sekitar usia yang sama, bayi juga akan berusaha menghibur ibu mereka jika mereka tampak kesal. Namun, kemampuan yang lebih canggih untuk bernalar tentang pemikiran orang lain, baru berkembang dengan benar ketika anak berusia 5 atau 6 tahun. Anak-anak usia ini dapat memahami bahwa orang lain mungkin percaya sesuatu yang tidak benar, atau bahwa mereka mungkin mengekspresikan satu emosi dan merasakan yang lain.

Sayangnya, empati dapat memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, merasakan hal yang sama dengan yang dirasakan orang lain dapat menyebabkan tekanan pribadi. Bahkan, anak-anak yang sangat rentan merasakan emosi negatif lebih rentan mengalami empati. Dengan kata lain, anak-anak yang sudah ekstra sensitif, mungkin mengalami emosi negatif yang kuat karena kepedulian empatik yang tinggi terhadap orang lain.

Kelemahan empati potensial lainnya adalah bahwa kebanyakan dari kita lebih cenderung merasa empati terhadap orang-orang yang seperti kita semisal anggota keluarga, komunitas, ras, atau etnis kita. Selain itu, empati untuk anggota dalam kelompok bahkan dapat mengakibatkan kurang empati terhadap anggota luar kelompok yang bahkan mungkin membuka pintu untuk rasisme dan xenofobia.

Terlepas dari potensi kerugian ini, empati dalam banyak kasus adalah hal yang baik. Bahkan, itu umumnya dianggap sebagai emosi prososial, karena pengalaman empati dikaitkan dengan perilaku prososial, seperti membantu atau berbagi. Secara umum, empati dikaitkan dengan hubungan sosial yang sehat, persahabatan yang erat, kerja sama, dan bahkan keberhasilan sekolah.

Pada masa remaja, emosi moral adalah prediktor terbesar dari pilihan moral, seperti memilih untuk menipu atau mencuri atau tidak. Lebih jauh, empati secara negatif terkait dengan perilaku intimidasi, di mana anak-anak yang memperlihatkan lebih banyak empati cenderung menggertak teman sebaya mereka dan lebih mungkin untuk campur tangan ketika mereka melihat orang lain diganggu.

Dan meskipun ada beberapa kelemahan, kita membutuhkan empati: Ini memungkinkan kita untuk berhubungan dengan orang lain, mempertimbangkan perasaan mereka, dan memotivasi kita untuk membantu. Bahkan, dalam iklim politik di mana orang Amerika terpecah belah, empati mungkin lebih penting daripada sebelumnya.

Selain membantu diri kita berperilaku lebih empatik, ada juga beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mendorong empati pada anak-anak mereka. Jika Anda memiliki anak yang cenderung sedikit sensitif atau sudah sangat selaras dengan emosi orang lain, Anda mungkin tidak perlu berbuat banyak untuk mendorong empati.

Anda mungkin harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengatasi kekhawatiran atau rasa bersalah seorang anak saat melihat seseorang kesakitan atau tertekan. Tetapi untuk anak-anak lain, berbicara kepada mereka tentang emosi mereka dan emosi orang lain dapat membantu.

Memang, orang tua yang berbicara kepada anak-anak mereka tentang emosi mereka memiliki anak-anak yang lebih tinggi dalam empati, dan berperilaku lebih prososial. 

Bahkan, beberapa peneliti telah menyarankan bahwa orang tua mungkin dapat membuat model empati untuk anak-anak mereka sehingga mempromosikan lingkungan empatik di rumah dapat menghasilkan lebih banyak anak yang empatik, dan mungkin bahkan lebih ramah, lebih berempati Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro