Ilustrasi/Canmua
Health

Inilah Ciri-ciri Tubuh Mengalami Burnout

Novita Sari Simamora
Senin, 27 Januari 2020 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki karir yang cemerlang tetapi kehidupan pribadi yang berantakan. Kondisi tersebut acap kali dirasakan oleh para pekerja keras yang berada di kota-kota besar.

Selain kondisi memiliki kehidupan pribadi yang tak tertata, terkadang muncul rasa bersalah dalam mengambil keputusan dalam hidup dan pekerjaan. Stres. Tubuh merasa lelah permanen, padahal telah bangun dari tidur. Tubuh tidur tetapi otak tak pernah berhenti berpikir.

Kecemasan-kecemasan muncul dari pikiran. Pikiran-pikiran tersebut mengganggu jam tidur dan bahkan menciptakan insomia ringan. Hal tersebut merupakan ciri-ciri burnout.

Burnout biasanya dikenal sebagai kejenuhan kerja. Kondisi ini adalah respon terhadap stres yang berkepanjangan dan bisanya melibatkan kelelahan emosional, sinisme atau keterpisahan dan perasaan tidak efektif.

Burnout telah diakui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebagai fenomena pekerjaan.

Mengutip The Golden Space Indonesia, ada tiga hal yang menyebabkan seseorang mengalami burnout, yakni:

1. Kurangnya keamanan internal seperti harapan tinggi dan eksternal seperti kepuasan kerja, ekonomis dan jaminan pekerjaan. Harapan yang terlalu tinggi tanpa ada batasan kepuasan memicu kekecewaan dalam diri sendiri.

2. Teknologi membuat koneksi konstan sehingga sulit terkadang untuk melepaskan pikiran dan diri dari koneksi tersebut.

3. Adanya standar internal yang tidak realistis seperti perfeksionisme, tonggak karir dan ekspektasi diri yang tinggi. Selain itu, burnout juga bisa dipicu dari tekanan sosial untuk selalu menjadi produktif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro