Penderita parkinson/Istimewa
Health

Studi: Parkinson Mungkin Merupakan Penyakit Bawaan Lahir

Reni Lestari
Selasa, 28 Januari 2020 - 15:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut penelitian baru Cedars-Sinai, orang-orang dengan penyakit Parkinson sebelum usia 50 tahun mungkin lahir dengan sel-sel otak yang tidak teratur dan terdeteksi selama beberapa dekade. Hasil akhir penelitian ini merujuk pada obat yang berpotensi membantu memperbaiki proses penyakit ini.

Parkinson terjadi ketika neuron otak yang membuat dopamin, suatu zat yang membantu mengkoordinasikan pergerakan otot, menjadi rusak atau mati. Gejalanya akan semakin memburuk dari waktu ke waktu, seperti lambatnya gerakan, otot kaku, tremor dan kehilangan keseimbangan. Dalam kebanyakan kasus, penyebab pasti kegagalan neuron tidak jelas, dan tidak ada obat yang diketahui.

Setidaknya 500.000 orang di AS didiagnosis mengidap Parkinson setiap tahun, dan insidensinya meningkat. Meskipun sebagian besar pasien berusia 60 atau lebih ketika mereka didiagnosis, sekitar 10% berusia antara 21 dan 50 tahun. Studi baru, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, berfokus pada pasien muda ini.

"Parkinson di usia muda ini memilukan karena menyerang orang-orang di puncak kehidupannya," kata Michele Tagliati, MD, direktur Program Gangguan Gerakan, wakil ketua dan profesor di Departemen Neurologi di Cedars-Sinai, dilansir Science Daily, Selasa (28/1/2020).

Dia melanjutkan, penelitian ini memberikan harapan bahwa suatu hari ilmuwan mungkin dapat mendeteksi dan mengambil tindakan dini untuk mencegah penyakit ini pada individu yang berisiko.

Untuk melakukan penelitian, tim menghasilkan sel induk khusus, yang dikenal sebagai sel induk pluripotent terinduksi (iPSCs), dari sel-sel pasien dengan penyakit Parkinson muda.

Proses ini melibatkan pengambilan sel-sel darah orang dewasa. IPSC ini kemudian dapat menghasilkan jenis sel apa pun dari tubuh manusia, semuanya secara genetik identik dengan sel pasien sendiri.

Tim menggunakan iPSC untuk menghasilkan neuron dopamin dari setiap pasien dan kemudian membiakkannya dan menganalisis fungsi neuron.

"Teknik kami memberi kami jendela kembali pada waktunya untuk melihat seberapa baik neuron dopamin mungkin berfungsi sejak awal kehidupan pasien," kata Clive Svendsen, Direktur Dewan Gubernur Regenerative Medicine Institute dan profesor Kedokteran Cedars-Sinai.

Para peneliti mendeteksi dua kelainan kunci pada neuron dopamin dalam piringan, yakni akumulasi protein yang disebut alpha-synuclein, yang terjadi pada sebagian besar bentuk penyakit Parkinson.

Kedua, lisosom yang tidak berfungsi dengan baik, struktur sel yang bertindak sebagai "tong sampah" bagi sel untuk memecah dan membuang protein. Kerusakan ini dapat menyebabkan penumpukan alfa-synuclein.


"Apa yang kami lihat menggunakan model baru ini adalah tanda-tanda awal Parkinson di usia muda," kata Svendsen. "

Tampaknya neuron dopamin pada orang-orang ini dapat terus salah menangani alpha-synuclein selama 20 atau 30 tahun, menyebabkan gejala Parkinson muncul."

Para peneliti juga menggunakan model iPSC mereka untuk menguji sejumlah obat yang dapat membalikkan kelainan yang telah mereka amati. Mereka menemukan bahwa satu obat, PEP005, yang sudah disetujui oleh Food and Drug Administration untuk merawat pra-kanker kulit, dapat mengurangi peningkatan kadar alpha-synuclein di kedua neuron dopamin di piringan dan pada tikus laboratorium.

Obat ini juga melawan kelainan lain yang mereka temukan di neuron dopamin pasien - peningkatan kadar versi aktif dari enzim yang disebut protein kinase C - meskipun peran versi enzim ini dalam Parkinson tidak jelas.

Untuk langkah-langkah selanjutnya, tim berencana untuk menyelidiki bagaimana PEP005, yang saat ini tersedia dalam bentuk gel, mungkin dikirim ke otak untuk mengobati atau mencegah Parkinson di usia muda. Tim juga merencanakan lebih banyak penelitian untuk menentukan apakah kelainan yang ditemukan dalam neuron pasien muda Parkinson juga ada dalam bentuk lain dari Parkinson.

"Penelitian ini adalah contoh luar biasa tentang bagaimana dokter dan penyelidik dari berbagai disiplin ilmu bergabung untuk menghasilkan ilmu translasi dengan potensi untuk membantu pasien," kata Shlomo Melmed, wakil presiden eksekutif Urusan Akademik dan dekan Fakultas Kedokteran di Cedars-Sinai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro