Quipper Media Luncheon di Jakarta, Selasa (28/1/2020) / Bisnis-Syaiful M
Fashion

Quipper Rilis Fitur Pencarian Berteknologi Transkripsi Suara

Syaiful Millah
Rabu, 29 Januari 2020 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform edukasi teknologi atau bimbel daring, Quipper merilis fitur anyar pencarian dengan teknologi pengindeks transkripsi suara yang mempermudah pencarian konten di dalam layanannya.

Product Management Manager Quipper Indonesia Rofiqi Setiawan mengklaim bahwa Quipper merupakan platform edukasi teknologi (edutech) pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi tersebut.

Menurutnya, fitur pencarian di dalam layanannya memiliki perbedaan dengan fitur pencarian yang ada di layanan serupa pada umumnya.

Dia menjelaskan, fitur pencarian pada umumnya hanya mengkurasi kata kunci dengan kata serupa yang ada di judul atau deskripsi. Sementara, fitur pencarian Quipper mengkurasi kata kunci hingga ke suara yang berada di dalam konten video.

“Fitur baru ini berfungsi untuk memudahkan siswa mencari materi hanya dengan kata kunci yang diingatnya. Sudah mencakup indeks judul, deskripsi, bahkan kata yang diucapkan di dalam video,” katanya di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Rofiqi menyampaikan bahwa fitur pencarian berteknologi pengindeks transkripsi suara ini merupakan hasil kolaborasi antara tim Quipper Indonesia dengan ilmuwan data (data scientist) dari Jepang.

Ke depannya, Rofiqi menyebut akan terus berkolaborasi dengan data scientist professional dari Negeri Sakura itu untuk mengembangkan berbagai fitur yang mendukung pembelajaran siswa dan siswa di dalam platformnya.

Beberapa yang sedang dikerjakan adalah peningkatan fitur pencarian yang dapat mengindeks kata atau kalimat yang ditulis dalam video. Selain itu, perusahaan juga sedang mengembangkan fitur untuk rekomendasi topik yang lebih personal.

Sementara itu, Content Manager Quipper Indonesia Hanani Faiza menyebut pihaknya terus mendorong konten dan materi pendidikan, khususnya bagi siswa-siswi yang akan menghadapi ujian. Baik itu ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi.

“Ini kan sudah masuk semester 2, jadi siswa sebentar lagi akan menghadapi berbagai ujian penentuan. Kami terus fokus menyajikan materi pendidikan yang revelan dan terkait. Selain itu, kami juga sajikan informasi lengkap soal seleksi perguruan tinggi di website kami,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro