Jamur putih/Antara
Health

Manfaat Tak Terduga Jamur Putih untuk Diet dan Kesehatan

Newswire
Kamis, 30 Januari 2020 - 05:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jamur putih adalah jenis jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia dan paling banyak dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Selain sangat rendah kalori, jamur putih juga memiliki sejumlah manfaat lain yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Jamur putih (Agaricus bisporus) adalah jenis jamur yang dapat dipanen di berbagai tahap pertumbuhannya. Ketika muda dan belum cukup besar, jamur jenis ini berwarna putih kecokelatan, namun ketika sepenuhnya tumbuh, jamur ini dikenal sebagai jamur portobello yang besar dan berwarna lebih gelap.

Jamur putih juga dikenal sebagai jamur meja, jamur kancing, atau champignon. Jamur jenis ini memiliki batang kecil, topi halus, dan rasa ringan yang cocok dengan banyak hidangan.

Karena menyerap paparan sinar UV atau sinar matahari, jamur menjadi sumber vitamin D2 nabati alami yang mampu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah yang sama efektifnya dengan suplemen.

Penelitian serupa juga menunjukkan bahwa jamur putih menawarkan beberapa vitamin B12, seperti dilaporkan Healthline. Karena vitamin ini biasanya diperoleh dari sumber hewani, ini mungkin bermanfaat bagi mereka yang mengikuti diet nabati.

Selain itu, jamur memberikan kandungan protein yang lebih tinggi daripada kebanyakan sayuran, yang juga akan bermanfaat bagi vegetarian karena dapat membantu meningkatkan asupan protein.

Tidak hanya itu, jamur putih juga mengandung beragam senyawa antioksidan seperti; polifenol, polisakarida, ergothioneine, glutathione, selenium, dan vitamin C, yang diyakini memiliki sifat penangkal kanker yang potensial.

Berbagai kandungan antioksidan itu juga membantu memerangi efek berbahaya dari stres, yang mengarah pada kerusakan sel yang dapat mempercepat penuaan dan meningkatkan risiko pengembangan penyakit jantung, serta membantu meningkatkan kontrol gula darah dan kesehatan usus.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro