Virus corona/Istimewa
Health

Ilmuwan Australia Ciptakan Virus Corona Wuhan

JIBI
Kamis, 30 Januari 2020 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan Australia menciptakan virus corona Wuhan di dalam laboratorium untuk membantu pengembangan vaksin.

Langkah ini akan membantu para ilmuwan menentukan apakah vaksin di masa depan efektif, para ahli di Peter Doherty Institute for Infection and Immunity di Melbourne pada Selasa (28/1/2020) menjadi laboratorium ilmiah pertama di dunia di luar China yang menyalin virus, menurut laporan ABC, dikutip  Kamis (50/1/2020).

Mereka sekarang akan membagi eksperimennya dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Eropa, yang akan membagikannya dengan laboratorium di seluruh dunia, termasuk dari Queensland yang terlibat dalam perlombaan mengembangkan vaksin di seluruh dunia.

Tim ilmuwan menumbuhkan virus dari seorang pasien yang telah terinfeksi sejak Jumat.

Mike Catton, Wakil Direktur Doherty Institute, mengkonfirmasi hasil penggandaan virus corona Wuhan yang dikenal 2019-nVoC.

"Kami mendapatkannya," katanya.

 "Fantastis."

Ilmuwan Australia Ciptakan Virus Corona Wuhan

Anggota kru Thai Airways mempersiapkan diri sebelum mendisinfeksi kabin pesawat untuk mencegah penyebaran virus corona di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, Thailand, 28 Januari. -/Reuters

Mengapa penggandaan virus corona versi laboratorium penting?

Catton mengatakan penemuan itu sangat penting dan akan menjadi bagian penting untuk menunjukkan apakah vaksin berfungsi, dengan para ilmuwan dapat menguji setiap vaksin potensial terhadap versi penyakit yang ditumbuhkan di laboratorium.

Ini juga akan memungkinkan para peneliti untuk mengembangkan tes untuk mengidentifikasi orang yang mungkin terinfeksi virus, bahkan sebelum mereka menunjukkan gejala apa pun.

Saat ini di Australia, pasien dengan gejala virus corona awal menjalani pengujian di rumah sakit, dengan sampel dikirim ke Doherty Institute, satu-satunya laboratorium di Australia yang dapat menguji sampel untuk kedua kalinya dan memberikan jawaban 100 persen tentang apakah seseorang terinfeksi atau tidak.

Tapi, ini semua bisa berubah setelah penemuan hari Selasa (28/1/2020).

Pemimpin ilmuwan Doherty Institute, Julian Druce, yang berada di sana bersama Catton pada saat penemuan, menggambarkannya sebagai perkembangan yang signifikan dalam pemahaman global tentang virus, dan untuk respons terhadapnya.

"Ini akan menjadi pembalik keadaan untuk laboratorium lain di Australia," kata Druce.

Menumbuhkan virus juga akan membantu para ahli lebih memahami tentang bagaimana coronavirus bekerja.

The Doherty Institute adalah laboratorium kedua di dunia yang menyalin penyakit itu. Sebuah laboratorium di China adalah yang pertama, tetapi tidak berbagi penemuannya dengan WHO.

Namun, laboratorium yang sama merilis gambar dari urutan genetik penyakit, yang membantu para ilmuwan di Institut Doherty menggandakannya.

Druce mengatakan para ilmuwan di institut itu telah bekerja keras untuk memahami lebih banyak tentang penyakit itu, yang telah merenggut setidaknya 170 nyawa di China daratan dan menginfeksi 7.000 lebih orang di seluruh dunia.

"Sudah 10-12 jam sehari, 2:00 pagi selesai; jadi sudah cukup penuh," katanya.

"Kami telah merancang dan merencanakan latihan seperti ini selama bertahun-tahun. Inilah yang dibangun untuk Doherty Institute. Dan itulah mengapa kita bisa mendapatkan jawaban mulai Jumat hingga (Rabu) diagnosis, deteksi, pengurutan, dan isolasi."

Ilmuwan Australia Ciptakan Virus Corona Wuhan

Catton, yang juga merupakan patolog yang mengawasi di The Doherty Institute, mengatakan fasilitas ilmiah Australia siap menghadapi wabah seperti virus corona.

"Virus ini memenuhi syarat sebagai tiga dari empat, jadi itu adalah virus tingkat tiga dan itu berdasarkan pemahaman kami tentang SARS (sindrom pernafasan akut yang parah) dan MERS (sindrom pernafasan Timur Tengah), yang merupakan sepupu dekatnya," kata Catton.

"Ini berbahaya, memang membunuh beberapa orang, tetapi tidak mematikan seperti yang dilakukan virus seperti Ebola."

Tetapi, dia mengatakan diagnosa awal wabah penyakit seperti coronavirus itu penting karena memberi otoritas kesehatan di seluruh dunia kesempatan yang lebih baik untuk menahan penyebarannya, atau paling tidak, tingkat keparahannya.

"Saya masih mengatakan kita waspada tetapi tidak khawatir," kata Catton.

"Kami berbagi pandangan otoritas kesehatan nasional bahwa kemungkinan akan ada kasus di Australia. Itu tidak terjadi dengan SARS, yang merupakan virus serupa. Saya pikir itu kira-kira 150 juta kunjungan lebih banyak setiap tahun dengan Cina ke negara-negara seperti Australia daripada saat itu."

Pada tahap ini, virus corona tidak memiliki tingkat kematian setinggi SARS.

"SARS yang kita tahu memiliki tingkat kematian sekitar 10 persen. Virus Corona Wuhan ini tampaknya 3 persen, pendapat pribadi saya adalah ternyata lebih rendah dari itu," ujar Catton.

Kepala petugas medis Brendan Murphy mengatakan belum ada penularan virus Corona dari manusia ke manusia di Australia.

Mereka yang menderita penyakit virus Corona dirawat dalam isolasi dan semua pasien di Australia dalam kondisi stabil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro