Tabir surya/Antara
Fashion

6 Efek Samping dari Pemakaian Tabir Surya

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 2 Februari 2020 - 10:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pentingnya tabir surya untuk kesehatan kulit Anda sudah banyak dijelaskan para ahli.

Tabir surya disebutkan memberikan perisai pelindung untuk kulit Anda dari efek berbahaya dari matahari. Sangat disarankan untuk tidak keluar rumah tanpa menggunakan tabir surya. Dan kami mengerti mengapa. Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari efek berbahaya matahari tetapi juga mencegah penuaan kulit dan sengatan matahari.

Tetapi, apakah ini benar-benar solusi sempurna untuk semua masalah kulit Anda? Apakah tabir surya memiliki efek samping? Sayangnya, iya. Tabir surya, jika digunakan tanpa berpikir, dapat membahayakan kulit Anda. Bahan kimia yang ada di tabir surya tidak benar-benar ramah kulit.

Berikut beberapa efek berbahaya tabir surya yang harus Anda ketahui. 

Bisa menyebabkan reaksi alergi  

Zat kimia yang terkandung dalam tabir surya dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit. Kemerahan, gatal, bengkak dan ruam adalah tanda-tanda bahwa Anda alergi terhadap tabir surya. Itu juga bisa membuat kulit Anda sensitif.

Bahan yang umum digunakan dalam tabir surya dan yang dapat menyebabkan tingkat reaksi alergi yang tinggi pada kulit Anda adalah PABA (Para Amino Benzoic Acid) [2]. Penyebab reaksi juga bisa berupa pengawet dan pewangi tertentu yang digunakan dalam tabir surya. Terutama jika Anda memiliki kulit sensitif, Anda perlu memeriksa bahan-bahan tabir surya dan memeriksa apakah mengandung bahan yang dapat mengiritasi kulit Anda. Cari tabir surya yang berlabel 'hypoallergenic'. Anda juga dapat melakukan uji tempel 24 jam untuk berada di sisi yang lebih aman.

Dapat memperburuk jerawat Anda  

Memilih jenis tabir surya yang salah bisa berbahaya bagi kulit Anda. Jika Anda menderita jerawat, tabir surya dapat memperburuk kondisi Anda. Tabir surya berbasis minyak dan berminyak bisa melakukan itu. Zat kimia tertentu yang ada di tabir surya juga dapat mengiritasi kulit Anda dan menyebabkan jerawat, kemerahan, gatal, dan bengkak.

Untuk mencegahnya, gunakan tabir surya yang cocok untuk jenis kulit Anda. Tabir surya yang tidak berminyak dan nonkomedogenik harus menjadi pilihan Anda. Juga, jangan gunakan tabir surya yang dimaksudkan untuk tubuh di wajah Anda. Ini memiliki konsistensi yang lebih tebal dan dapat memblokir pori-pori Anda untuk menyebabkan berjerawat.

Dapat menyebabkan rasa sakit di bagian tubuh Anda yang berbulu

Tabir surya dapat mengiritasi bagian tubuh Anda yang lebih berbulu. Rasa gatal dan kemerahan dapat menyebabkan benjolan yang menyakitkan dan folikel rambut yang berisi nanah. Tabir surya komedogenik yang dapat mengiritasi folikel rambut Anda adalah alasannya.

Tabir surya tersedia di pasaran dalam berbagai tekstur - gel, krim, semprotan lotion dan salep. Dari jumlah tersebut, tabir surya gel menyebabkan paling sedikit kerusakan dan harus lebih disukai daripada tekstur lainnya.

Bisa mengiritasi mata Anda

Tabir surya tidak seharusnya digunakan di area halus di sekitar mata Anda. Jika tabir surya masuk ke mata Anda, itu bisa mengiritasi mata dan menyebabkan rasa sakit dan kepekaan terhadap cahaya. Jadi, hindari meletakkan tabir surya di bawah atau di sekitar mata Anda. Jika karena kesalahan itu masuk ke mata Anda, segera cuci.

Risiko kanker payudara

Tabir surya berfungsi melindungi kulit kita dari efek berbahaya sinar matahari. Tapi, ada bahan kimia tertentu yang ada di tabir surya dapat menimbulkan risiko kanker. Penggunaan tabir surya secara teratur dapat mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh dan dengan demikian dapat menyebabkan kanker payudara.

Selain itu, telah ditemukan bahwa bahan yang ada dalam tabir surya - retinyl palmitate (kombinasi retinol dan asam palmitat) - dapat menghasilkan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit dan menyebabkan kerusakan DNA.

Tidak peka kulit

Kulit sensitif ditandai dengan sensitivitasnya. Bereaksi dengan mudah dengan berbagai produk. Dan tabir surya bisa menjadi bendera merah untuk kulit sensitif Anda. Bahan-bahan di tabir surya sering berat dan berbahaya pada kulit, terutama pada kulit sensitif. Ini dapat menyebabkan kekeringan, gatal, bengkak, dan iritasi. Untuk mengatasi efek samping dari tabir surya ini, ini adalah beberapa tips yang akan membantu. Selalu lakukan tes patch sebelum Anda membeli tabir surya, terutama mereka yang memiliki kulit sensitif.

Jika tabir surya mengiritasi kulit Anda, segera cuci. Berhati-hatilah saat memilih tabir surya untuk anak-anak. Kulit mereka dapat terpengaruh dengan mudah dari bahan kimia yang digunakan dalam tabir surya. Jika Anda memiliki lip balm dengan SPF, batasi penggunaannya hanya untuk bibir Anda.

Tabir surya, tidak peduli SPF, hanya bisa bertahan selama 2 jam. Anda perlu menerapkan kembali tabir surya sepanjang hari. Pilihlah tabir surya dengan bahan-bahan nonkomedogenik. Jangan gunakan lotion tabir surya yang dibuat untuk tubuh Anda di wajah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro