Ilustrasi/Thegrindstone
Relationship

Kebiasaan yang Bikin Tidak Bahagia

Mia Chitra Dinisari
Senin, 3 Februari 2020 - 11:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang mencari cara untuk bahagia selamanya, tetapi kenyataannya adalah bahwa tidak ada formula ajaib untuk membuat orang menjadi bahagia.

Namun, banyak hal yang kita lakukan dapat memengaruhi perasaan kita. Tanpa menyadarinya, Anda mungkin membiarkan beberapa kebiasaan yang membuat Anda frustrasi dan menjadi tidak kebahagiaan.

Menurut Bolde.com, berikut beberapa kebiasaan yang bisa membuat Anda tidak bahagia dan seharusnya dihindari dari sekarang.

1. Terlalu memikirkan segalanya secara berlebihan

Ketika Anda khawatir tentang berbagai hal, Anda mendapatkan perasaan salah bahwa Anda memegang kendali. Ada begitu banyak hal dalam hidup yang tidak dapat kita lawan. Ya, sesuatu yang buruk bisa terjadi pada Anda, pasangan Anda bisa meninggalkan Anda. Khawatir tidak akan mengubah hasil dari apa pun. Itu akan menimbulkan kecemasan dan membuat Anda tidak menemukan kesenangan dalam hal-hal yang dapat Anda kendalikan.

2. Menghindari konflik 

Saya benci konfrontasi, jadi saya cenderung hanya pergi dengan apa yang orang lain inginkan dan mengabaikan kebutuhan saya sendiri walaupun saya berakhir dengan ujung tongkat yang pendek. Saya telah menyadari betapa merusaknya ini. Pendapat dan keinginan orang lain tidak lebih penting dari saya. Jika membela ide, kebutuhan, nilai, atau keinginan saya akan menyebabkan masalah, saya katakan bawa. Saya sangat merekomendasikan pendekatan ini.

3. Membebani diri sendiri berlebihan

Baik itu di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi Anda, jika Anda membebani diri Anda sendiri dengan tanggung jawab, Anda akan kelelahan dan jauh dari bahagia. Cobalah untuk mengurangi atau menyelesaikan hal-hal yang menyebabkan Anda stres. Katakan tidak lebih sering. Beristirahatlah, berendamlah di bawah sinar matahari, dan cium mawar. Gaya hidup seimbang adalah kunci menuju kebahagiaan.

4. Tidak percaya diri

Bagaimana Anda bisa bahagia jika Anda tidak memiliki hubungan yang sehat dan penuh cinta dengan diri sendiri? Anda tidak suka menerima pujian. Anda terus-menerus merendahkan diri dan meremehkan kemampuan Anda mengarah pada sistem kepercayaan negatif yang hanya akan menahan Anda.

5. Mengkhawatirkan hal buruk

Anda selalu khawatir tentang semua hal. Bahkan peluang maju di depan Andapun tetap merasa khawatir akan gagal. Semua hal Anda lihat dari sisi negatif, sehingga Anda selalu merasa tidak mampu bergerak.

6. Terus membandingkan dengan orang lain

Lebih dari sebelumnya, semakin sulit untuk lepas dari perangkap membandingkan hidup Anda dengan orang lain. Hal itu membuat Anda lupa bahwa Anda punya prestasi yang bisa dibanggakan. Tidak ada banyak ruang untuk bahagia ketika Anda memikirkan kegagalan dan ketidakmampuan dibandingkan orang lain.

7. Menolak untuk menunjukkan kelemahan

Banyak dari kita telah belajar membangun tembok untuk melindungi diri kita sendiri. Menunjukkan kerentanan dan kelemahan bukan berarti Anda selalu kuat. Ada kalanya manusia tidak bisa menghadapi suatu masalah dan itu manusiawi.

8. Putus asa

Keputusasaan bukanlah warna yang baik pada siapa pun. Ini menyebabkan Anda mengembangkan kebiasaan tidak sehat lainnya seperti penghindaran, kemelaratan, dan manipulasi untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. Anda pantas dicintai, tetapi terobsesi untuk menemukan cinta, betapapun mungkin, mungkin akan membawa Anda lebih jauh darinya. Suasana hati Anda akan sangat menderita karenanya.

9. Lari dari masalah

Penundaan tidak selalu membuat segalanya lebih baik. Ya, Anda sedikit takut dengan apa yang mungkin terjadi. Mungkin Anda takut gagal atau Anda tidak ingin harus menghadapi masalah Anda. Apa pun itu, semakin lama Anda menundanya, semakin besar ketidakpuasan yang Anda rasakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Bolde.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro