Sel kanker/Istimewa
Health

Kenali Penyebab dan Pencegahan Kanker

Reni Lestari
Selasa, 4 Februari 2020 - 18:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari ini, 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Momentum ini bisa diperingati dengan meningkatkan kesadaran global bahwa masyarakat perlu berpartisipasi untuk mendorong, mencegah, mendeteksi, dan mengobati penyakit kanker.

Health Claim Senior Manager Sequis Yosef Fransiscus mengatakan, secara umum risiko kanker berkembang karena banyak faktor, antara lain paparan zat kimia, sinar matahari yang berlebihan, paparan radikal bebas, stres yang tinggi, gangguan hormonal, usia menua, kelebihan berat badan, sering mengalami radang dan infeksi. Kanker juga bisa dipicu oleh gaya hidup yang buruk, seperti merokok, dan sering mengonsumsi miras, pola makan tinggi lemak, banyak gula, dan kurang serat.

Namun demikian, kanker dapat juga terjadi karena memiliki riwayat penyakit tertentu, misalnya radang usus yang berpotensi berkembang menjadi kanker usus. Bisa juga karena kelainan genetik yang dapat mengganggu sistem kerja tubuh.

Adapun faktor yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dapat berbeda pada setiap kasus dan biasanya tidak hanya dipicu oleh satu faktor. Namun, pada umumnya karena ada sel abnormal yang tumbuh tak terkendali sehingga merusak sel normal di sekitarnya dan bagian tubuh lain.

"Sebenarnya, tubuh kita memiliki mekanisme sendiri untuk menghancurkan sel yang abnormal tetapi bila mekanismenya gagal maka sel abnormal tersebut akan tumbuh tak terkendali," katanya melalui keterangan tertulis.

Semua dokter dan para ahli pastinya menyarankan agar masyarakat rajin melakukan cek kesehatan secara berkala dan mempraktekkan gaya hidup sehat, seperti menghindari paparan radiasi, asap dan zat kimia, menjaga lingkungan tetap bersih, rutin berolahraga serta konsumsi makanan sehat yang berserat tinggi dan rendah lemak serta gunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Melakukan medical check up setidaknya 3 bulan sekali walau tidak sakit adalah tindakan preventif agar jika ada gejala dapat ditangani sejak dini, memberikan vaksin pada anggota keluarga juga sangat baik, misalnya vaksin hepatitis B dan vaksin HPV. Hal-hal tersebut merupakan langkah preventif untuk meminimalkan serangan kanker terlebih bagi mereka yang secara genetik rentan.

Dia melanjutkan, masalah yang umum terjadi dalam masyarakat adalah kurangnya kesiapan menghadapi kenyataan jika anggota keluarga terdiagnosa kanker. Misalnya, takut akan kematian, takut pada efek kemo atau radiotherapy, takut jika telah dinyatakan sembuh lalu timbul lagi, takut tidak mampu membayar biaya pengobatan, takut hilangnya pendapatan, dan takut tergerusnya keuangan keluarga dan mengganggu kelangsungan hidup anggota keluarga lain.

Ketakutan ini tidak hanya terjadi pada pasien, tetapi juga terjadi pada keluarga padahal mereka yang terdiagnosa kanker idealnya perlu bebas stres, jiwa yang gembira, mendapatkan makanan bergizi, dan diberikan dukungan moral.

"Haruslah kita sadari bahwa jarang ada kanker yang sembuh 100%. Fakta yang sering terjadi adalah pasien masuk masa statis atau sedang tidak berkembang dan ini bukanlah sembuh," kata Yosef.

Itu sebabnya, mereka yang telah dinyatakan sembuh atau yang biasa disebut survivor diwajibkan tetap melakukan kontrol ke dokter spesial onkologi dan dokter gizi. Anggota keluarganya pun perlu mempersiapkan diri dan finansial sehingga jika perjalanan hidup pasien sampai pada titik terakhir, tidak menambah stres baru.

Dia menambahkan, karena kanker dapat menyerang siapa saja dan belum ada cara meminimalkan risikonya, maka Anda perlu menambah pengetahuan dan referensi agar lebih preventif dan tidak antipati pada penyembuhan medis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro