Ilustrasi/ugandacancersociety.org
Health

Begini Cara Mencegah Kanker

Dewi Andriani
Rabu, 5 Februari 2020 - 20:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Jumlah penderita kanker di Indonesia terus meningkat, bahkan kanker telah menjadi penyebab kematian kedua terbesar di dunia.

Ketua Yayasan Kanker Indonesia Aru Wisaksono Sudoyo mengatakan gaya hidup yang salah menjadi penyebab utama munculnya kanker yang mencapai hingga 90 persen, mulai dari pola makan yang tidak sehat, merokok, obesitas, infeksi hingga konsumsi alkohol, sedangkan sisanya diakibatkan oleh faktor keturunan.

Menurutnya, salah satu cara yang paling ampuh untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kanker adalah dengan menurunkan berat badan menjadi ideal, membangun pola makan yang sehat serta melakukan aktivitas fisik secara teratur.

“Jika pola hidup sehat ini dijalankan semua  dengan baik, bisa mencegah kemungkinan kanker hingga 30 persen  sampai 35 persen. Apalagi disertai dengan deteksi dini kanker atau screening guna membantu diagnosa lebih dini,” ujarnya dalam konferensi pers Hari Kanker Sedunia 2020, Rabu (5/2/2020).

Menurutnya, pencegahan kanker sebetulnya dapat dilakukan secara sederhana akan tetapi untuk itu dibutuhkan upaya yang serius. Dia mengungkapkan YKI berperan dalam mengedukasi masyarakat agar semakin meningkatkan kesadaran akan pentingnya mencegah kanker sejak dini.

Berdasarkan data Globocan pada 2018, angka kejadian kanker secara global diperkirakan telah meningkat menjadi 18,1 juta kasus baru dan 9,6 juta kematian akibat kanker di dunia pada 2018. Sementara itu, di Indonesia pada tahun yang sama, jumlah kematian akibat kanker mencapai 207.210 kasus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro