Ilustrasi/Hoovers
Health

Pentingnya Menjaga Privasi Anak di Media Sosial

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 5 Februari 2020 - 11:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di era serba digital dan gadget menjadi salah satu hal primer yang dimiliki, masalah privasi terkadang mulai memudar.

Mudahnya orang membagikan kesehariannya dalam media sosialnya membuat tidak ada lagi batasan privasi di dunia maya.

Bukan hanya usia dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Apalagi, saat ini banyak orang tua yang seringkali mengunggah aktivitas harian anaknya dalam akun media sosial mereka, bahkan sengaja membuat akun atas nama anaknya itu. Atau ini bisa disebut sebagai sharenting.

Hal ini tentu membuat privasi anak juga sudah mulai terhilangkan.

Sebagai orang tua, banyak dari kita yang bersalah memposting sesuatu tentang anak-anak kita secara online. Tetapi apakah kita berhenti untuk mempertimbangkan bagaimana perasaan anak-anak kita tentang apa yang kita posting? Tentu, kita mungkin berpikir bahwa mereka terlalu muda untuk peduli, tetapi apa yang terjadi jika gambar atau video itu muncul kembali di masa depan? Tidakkah kita berutang kepada mereka untuk melindungi privasi mereka, berapapun usianya?

Ketika Anda mengekspos foto keluarga, keterangan, dan cerita kami secara online, kami mungkin membagikan terlalu banyak informasi pribadi. Saat itu juga Anda membuka pintu ke rumah kalian secara virtual dan membiarkan banyak orang memasuki kehidupan pribadi.

Ada banyak orang yang mengakses media sosial setiap hari. Ambil, misalnya, Instagram, yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna bulanan. Ini juga salah satu platform paling populer, dengan lebih dari 50 miliar foto diunggah di situs.

Instagrammers memposting rata-rata 95 juta foto dan video setiap hari, menurut agen pemasaran Omnicore. Lebih dari 60% pengguna mengunjungi situs ini setiap hari (Pew Research Center).

Facebook, situs media sosial populer lainnya, memiliki sekitar 2,5 miliar pengguna aktif bulanan dengan hampir 69% dari semua orang dewasa di AS dilaporkan menggunakan Facebook. Saat ini, pengguna Facebook telah mengirimkan lebih dari 2,5 triliun posting.

Meskipun ada ketentuan khusus saat membuat akun di media sosial dan tata cara materi yang diposting. faktanya, survei mengungkapkan bahwa 30% orang tua tidak membaca ketentuan perjanjian layanan. Ini lah yang membuat orang tua dengan mudahnya mengunggah konten yang terkait anak-anaknya, tanpa memikirkan dampaknya pada anak baik jangka pendek ataupun jangka panjang.

Jika Anda tidak yakin tentang jenis konten apa yang dapat dibagikan oleh situs media sosial Anda, maka Anda bisa memeriksa di Privacy Rights Clearinghouse untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang keamanan media sosial.

Privasi daring, milik Anda dan anak-anak adalah sesuatu yang harus kita waspadai dengan cermat. Menurut Statista, pada Januari 2019, 57% dari populasi dunia memiliki akses ke internet. Jadi, banyak orang menjelajahi Internet setiap hari. Kita harus berhenti dan memikirkan tentang apa yang kita posting sebelum kita menekan tombol kirim.

Menurut prediksi oleh para pakar keamanan di Barclays, bank investasi multinasional dan perusahaan jasa keuangan, pada tahun 2030, dua pertiga dari penipuan identitas yang memengaruhi kaum muda di atas usia 18 tahun akan berasal dari orang tua yang membesarkan informasi anak-anak mereka secara online, ketika mereka membagikan aktivitas anaknya ketika mereka kecil.

Dan jangan lupa bahwa calon perusahaan, perwakilan penerimaan perguruan tinggi, dan bahkan pemberi pinjaman keuangan akan mencari platform media sosial untuk memeriksa track record calon kandidat. Tak sedikit perusahaan di masa sekarang yang enggan menerima pegawai karena track record buruknya di media sosial.

Sebagai orang tua, Anda tidak ingin memposting apa pun yang dapat berdampak negatif pada masa depan anak Anda bukan? Belum lagi anak-anak kita juga tidak suka kita berbagi informasi tentang mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : psychology today
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro