Ilustrasi/Thefiscaltime
Relationship

Bahayanya Kerja Terlalu Produktif

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Februari 2020 - 09:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang cenderung menjadi workaholic atau gila kerja di masa usia produktifnya.

Mereka rela bekerja belasan jam setiap harinya di depan layar komputer, terkadang lupa waktu makan siang. Belum lagi, ketika pulang ke rumah pun mereka masih mengerjakan pekerjaan yang belum terselesaikan.

Kebiasaan workaholic ini tentu menguntungkan perusahaan, karena memiliki pegawai yang loyal dan mau bekerja keras. Tapi sadarkah Anda menjadi worakholic dan terlalu produktif sebenarnya merugikan Anda sebagai pegawai?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan sebanyak 26 hingga 40 persen karyawan melaporkan mengalami tekanan atau kelelahan yang luar biasa.

Di Uni Eropa, 28 persen karyawan melaporkan merasa stres di tempat kerja; dan di Jepang, 63 persen karyawan melaporkan kecemasan atau stres kerja yang serius.

Umumnya, tekanan itu disebabkan karena mereka terlampaui produktif bekerja atau workaholic.

Stres tersebut dikaitkan dengan peningkatan absensi, keterlambatan, dan niat untuk berhenti, dan penurunan motivasi, produktivitas, dan kesehatan. Akibatnya, lambat laun, ini juga berdampak buruk pada perusahaan, termasuk secara finansialnya karena pekerjanya mengalami stres dan harus menjalani pengobatan.

Dampak ini diperkirakan menelan biaya U$50 hingga US$00 miliar per tahun di Amerika. Sementara di Kanda mencapai US$6 miliar. Bahkan, secara rerata biaya-biaya ini dapat mencapai US$187 miliar, dengan 70 hingga 90 persen dari mereka yang berkaitan dengan biaya produktivitas.

Stres yang sedang berlangsung juga dapat berkontribusi pada masalah jangka panjang dan bahkan telah ditemukan bahwa stres dapat berkontribusi hingga 90 persen dari gejala dan gangguan kesehatan.

Stres jangka panjang dapat bermanifestasi sebagai gangguan psikologis. Misalnya, depresi, kecemasan, stres pasca-trauma kekacauan, gangguan emosional, perilaku maladaptif. Juga penyakit fisik misalnya penyakit kardiovaskular, kanker, bisul, penurunan sistem kekebalan, gangguan neuroendokrin, sistem saraf otonom, tekanan darah, lipid darah, asam urat); dan gangguan kognitif.

Konsekuensi jangka panjang ini memiliki dampak tambahan pada profitabilitas perusahaan. Sebagai contoh, peningkatan penggunaan cuti sakit jangka pendek dan jangka panjang dan penggantian sementara atau permanen dan pelatihan ulang karyawan terampil menelan biaya besar.

Di Kanada biaya itu diperkirakan mencapai US$3,5 miliar per tahun untuk beban biaya penyakit fisik dan penyakit mental, secara keseluruhan, biaya US$14 miliar.

Di Amerika Serikat, biaya penyakit depresi saja menelan biaya US$30 untuk $44 miliar karena ketidakhadiran, hilangnya produktivitas, dan perilaku di tempat kerja lainnya. Sementara itu, diperkirakan total biaya €118 miliar untuk Uni Eropa per tahun.

Sudah waktunya untuk memikirkan kembali kerja keras Anda atau karyawan Anda untuk mendapatkan produktivitas yang lebih besar dan menyadari bahwa dalam jangka panjang, itu akan menyebabkan produktivitas yang lebih rendah serta banyak konsekuensi lainnya  termasuk menekan profitabilitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro