Dokter kesehatan Bandara Supadio Andy Gunawan Pasaribu menjelaskan fungsi dari alat mobile isolation chamber di ruang klinik dan isolasi Bandara Supadio di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Kamis (6/2/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pontianak wilayah kerja Bandara Supadio meningkatkan kewaspadaan dengan memasang kapsul evakuasi (isolation chamber) dan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus Corona dari China ke wilayah Kalimantan Barat. /Antara
Health

Wah, Ada Kapsul Isolasi di Bandara Supadio untuk Cegah Penularan Virus Corona

JIBI
Jumat, 7 Februari 2020 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengelola Bandara Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, menyiapkan kapsul isolasi khusus serta dua alat baru untuk mengantisipasi virus corona.

Kapsul isolasi itu digunakan bagi pengunjung Bandara Supadio yang terdeteksi mengalami peningkatan suhu tubuh atau demam, terutama setelah berkunjung ke negara-negara dengan kasus virus corona.

Petugas layanan kesehatan Bandara Supadio, dokter Andy Gunawan Pasaribu mengatakan capsule isolasi ini melengkapi berbagai peralatan untuk mencegah persebaran virus corona di bandara.

"Selain thermal scanner, deteksi manual dengan thermal gun yang menggunakan inframerah, ada pula capsule isolasi ini," kata Andy di Bandara Supadio Pontianak, Kamis (6/2/2020).

Bukan cuma itu, ada dua alat baru untuk mencegah persebaran virus corona di bandara. Dua alat tersebut, yakni hepa filter dan mobile isolation chamber. Hepa filter adalah alat untuk menyaring udara di dalam ruangan isolasi yang telah terkontaminasi virus/bakteri. Adapun mobile isolation chamber yang berbentuk seperti kapsul plastik adalah alat yang memobilisasi pasien yang dikarantina dari ruang isolasi bandara ke rumah sakit terdekat.

Pada terminal kedatangan luar negeri di Bandara Supadio Pontianak, ratusan penumpang yang datang menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum masuk ke konter imigrasi dan bea cukai. Thermal scanner atau pemindai suhu tubuh mendeteksi penumpang yang datang dan menampilkan suhu tubuh mereka di layar monitor. Salah satu tanda virus corona adalah demam. Kondisi demam adalah jika suhu tubuh seseorang lebih dari 37,5 derajat Celcius.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Supadio Pontianak, Eri Braliantoro mengatakan hepa filter dan mobile isolation telah disiapkan di dua ruangan.

"Kami juga telah mengintruksikan petugas cleaning service untuk membersihkan pegangan tangga, meja, dan kursi dengan desinfektan," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro