Fashion

Perusahaan Korsel dan ITB Kembangkan Kosmetika Berbahan Lokal

Dewi Andriani
Jumat, 7 Februari 2020 - 22:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan kosmetika manufaktur asal Korea Selatan PT Cosmax Indonesia menggandeng sekolah farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB) utuk mengembangkan produk kosmetik berbahan dasar tanaman asli Indonesia guna dipasarkan secara global

Kesepakatan joint research tersebut dituangkan dalam MoU tentang Tanaman Asli Indonesia yang ditandatangani oleh pihak PT Cosmax Indonesia dan Sekolah Farmasi ITB di Kampus ITB, Bandung pada Kamis (6/2).

Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof.Dr. Daryono Hadi Tj., M.Sc. mengatakan, kerja sama ini dilakukan melalui serangkaian penelitian dengan melakukan tes prototipe, uji klinis terhadap bahan kosmetik baru yang akan dikembangkan, serta mendaftarkannya ke Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Material kosmetik tersebut nantinya akan dipasarkan ke seluruh dunia seperti Korea, China, Amerika dan negara lainnya melalui Global Network Cosmax Group.

"Joint Research ini akan menjadi peluang berharga untuk berkontribusi pada perkembangan industri Indonesia dengan memanfaatkan sumber daya alam Indonesia yang kaya dalam industri,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima Bisnis, Jumat (7/2/2020).

Cosmax Indonesia meyakini kerja sama ini akan berdampak positif ke depannya. Terlebih Sekolah Farmasi ITB  sudah memiliki fasilitas clinical research lab dan industrial research lab sehingga hasil clinical penelitian dapat diimplementasikan pada industri yang terkait.

Cosmax dan Sekolah Farmasi ITB ini juga berencana meneliti tanaman yang memiliki fungsi Anti-Acne, Anti-Oxidant dan Brightening dengan material ekstrak dari tanaman asli Indonesia.

“Ini adalah langkah awal untuk memperkenalkan alam Indonesia dan teknologi Korea kepada dunia melalui joint research antara Cosmax yang dikenal dengan keunggulan teknologinya dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia. Ini menunjukkan bahwa joint research akan berlanjut,” tegas Direktur RNI Center Cosmax, Park Myeong-Sam.

Selain itu, dengan menghadirkan unsur alam ke dalam produk kecantikan diyakini juga akan berdampak positif terhadap pertumbuhan industri kecantikan.

“Dengan meningkatnya minat pada kosmetik yang berpusat pada konsumen milenial, kami berharap dapat memberikan kecantikan dari alam ke pasar kosmetik Indonesia, yang telah mencatat pertumbuhan lebih dari dua digit setiap tahunnya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro