Ilustrasi - Mencintai diri sendiri/Istimewa
Relationship

Kenali 5 Jenis Introvert Ini

Desyinta Nuraini
Sabtu, 8 Februari 2020 - 10:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Bagaikan warna, ada yang suka menyendiri, bersosialisasi, bahkan keduanya.

Umumnya, ada 3 kepribadian yang dikenal masyarakat. Antara lain introvert yang diartikan bahwa individu tersebut sering menutup diri dari dunia luar dan lebih pemilih dalam berteman.

Kemudian ekstrovert yang menjadi kebalikan dari introvert. Kepribadian ini terbilang sangat aktif, senang bergaul, dan sering merasa bosan jika sendirian. Terakhir, ambivert yang memiliki ciri-ciri dari introvert dan ambivert.

Namun ternyata, introvert sendiri terdiri dari 5 jenis. Berikut ulasannya seperti dikutip dari Psychology Today :

1. Introvert sosial

Tipe introvert ini bukan berarti mereka enggan bersosialisasi. Mereka tetap mempunyai teman namun dalam jumlah yang terbatas dan sangat pemilih.

2. Introvert berpikir

Mereka yang masuk ke dalam tipe ini lebih bijaksana dalam mengatur waktu kesendiriannya. Ketika sendiri, mereka akan melakukan sesuatu yang kreatif dan imajinatif.

Mereka memiliki karakter seperti introspektif, bijaksana, dan reflektif diri. Dalam sebuah wawancara, Profesor Cheek mengatakan kepada Dahl bahwa introvert ini "mampu tersesat di dunia fantasi internal, tetapi tidak dengan cara neurotik, itu dalam suatu cara imajinatif dan kreatif.

Jenis ketiga introvert yang telah dibahas Jonathan Cheek lebih banyak ditentukan oleh gaya melakukan daripada berpikir. Mereka adalah "Introvert Tertahan," yang mengambil langkah-langkah lebih lambat. Para sarjana yang mempelajari temperamen menggambarkan orang-orang tertentu sebagai "lambat untuk melakukan pemanasan." Introversi yang tertahan menurut saya sama.

3. Introvert yang terkendali

Introvert tipe ini selalu berpikir sebelum mereka berbicara atau bertindak, dan mungkin perlu waktu untuk melanjutkan.

4. Introvert yang suka memikirkan segalanya

Mereka yang dikategorikan dalam kelompok ini kerap mencari tahu semua fakta sebelum membuat keputusan. Introvert ini tak mau mengambil risiko sebelum melakukan penelitian dan evaluasi yang cermat.

5 Introvert yang tidak ingin stimulasi terlalu banyak

Mereka tidak suka tempat yang ramai sehingga membuat tidak fokus. Introvert tipe ini lebih suka melakukan pekerjaan di lingkungan yang tenang.

Apakah anda memiliki semua sifat introvert itu atau hanya sebagian?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro