Patung piala Oscar./ilustrasi
Fashion

Academy Awards ke-92, Natalie Portman Pakai Jubah Protes

Nirmala Aninda
Senin, 10 Februari 2020 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Akrtris Natalie Portman menghadiri Academy Awards ke-92 dengan pakaian yang menyatakan satu pesan berani.

Portman mengenakan jubah Dior yang disulam dengan nama-nama sutradara wanita yang tidak masuk dalam nominasi Oscar tahun ini.

"Saya ingin memberikan penghormatan para wanita yang kerja kerasnya tidak dianggap tahun ini dengan cara saya yang halus," kata aktor itu kepada Los Angeles Times di karpet merah, dikutip melalui Time Senin (10/2).

Nama-nama yang disulam dengan benang emas itu merujuk pada Lulu Wang (The Farewell), Lorene Scafaria (Hustlers), Greta Gerwig (Little Women), Marielle Heller (A Beautiful Day in the Neighborhood), Melina Matsoukas (Queen & Slim), Alma Har'el (Honey Boy), Mati Diop (Atlantics) dan Céline Sciamma (Portrait of a Lady on Fire).

Natalie Portman pakai jubah protes di Oscar 2020

Aktris Natalie Portman di Oscar 2020, Hollywood melakukan aksi protes dengan menggunakan jubah berhiaskan nama-nama sutradara wanita yang tak disertakan dalam Oscar./Antara

Terlepas dari sejumlah film yang diakui secara kritis merupakan karya sutradara wanita, hanya pria yang dinominasikan dalam kategori Sutradara Terbaik Oscar pada tahun 2020.

Portman sebelumnya secara terbuka memberikan kritik atas minimnya bentuk apresiasi kepada para sutradara wanita. Pada tahun 2018, dia dengan sengaja menekankan pada “all-male nominees” saat membacakan pemenang Sutradara Terbaik di Golden Globes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro