Kementerian Kesehatan/kemenkes.go.id
Health

Kabar WNI Suspek Virus Corona Masuk dari Singapura, Ini Klarifikasi Kemenkes

Rezha Hadyan
Senin, 10 Februari 2020 - 05:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan akhirnya angkat bicara terkait beredarnya informasi yang menyebut enam WNI di Singapura suspect virus Corona akan masuk ke Indonesia lewat Batam.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Yurianto mengatakan keenam WNI tersebut bisa dipastikan bukanlah suspect.

Pasalnya, protokol Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) menyatakan bahwa suspect yang notabene sedang sakit dan menunggu hasil tes tidak diperbolehkan melakukan perjalanan lintas negara.

Yurianto mengungkapkan bahwa Kantor Kesehatan dan Pelabuhan serta Dinas Kesehatan Tanjungpinang telah menemui keenam WNI yang dimaksud. Hasilnya, mereka sama sekali tidak menunjukkan adanya gejala seperti suspect virus Corona.

"Semua pelaku perjalanan yang disebut dalam laporan tersebut dapat ditemui, dianamnesis dan diperiksa. Hasil pemeriksaan tidak menunjukkan demam dan tidak sesak napas," katanya dalam keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis.com pada Minggu (9/2/2020).

Adapun sebelumnya beredar informasi yang mengatasnamakan Kemenkes dan Otoritas Karantina Singapura ditujukan untuk Kantor Imigrasi Batam bahwa ada enam WNI suspect virus Corona yang akan keluar dari Singapura menuju ke Indonesia.

Informasi yang beredar tersebut juga mencantumkan identitas berupa nama dan nomor paspor milik enam WNI tersebut. Disebutkan pula dua diantaranya berhasil masuk lewat Pelabuhan Ferry Internasional Harbour Bay, Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro