Kondisi jalanan sepi pasca menyebarnya virus corona di Shanghai, China. Bloomberg/Qilai Shen
Health

1.716 Petugas Medis China Terpapar Corona, Enam Meninggal

Newswire
Jumat, 14 Februari 2020 - 18:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan petugas medis di China terpaksa harus menghadapi kenyataan pahit. Di tengah kesibukannya mengurus warga China yang terpapar virus corona (covid-19), mereka juga ikut tertular virus yang telah mematikan lebih dari 1.300 orang tersebut.

Setidaknya, 1.716 petugas kesehatan di China terpapar virus corona, dengan enam di antaranya meninggal dunia. Jumlah tersebut berdasarkan pernyataan Wakil Menteri Komisi Kesehatan Nasional Cina, Zeng Yixin, mengungkap data itu dalam konferensi pers, Jumat (14/2/2020).

Zeng mengatakan bahwa jumlah staf medis yang terinfeksi virus yang sedang mewabah itu meningkat. "Saat ini, tugas petugas medis di lapangan memang sangat berat, keadaan kerja dan istirahat mereka terbatas, tekanan psikologis sangat besar, dan risiko infeksi tinggi," katanya.

Lebih dari 87 persen pekerja medis yang terinfeksi itu disebutkannya berlokasi di Hubei, provinsi yang menjadi pusat penyebaran virus yang muncul pada Desember dan telah menewaskan sekitar 1.380 orang serta menulari lebih dari 60.000 orang tersebut.

"Analisis lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui jumlah pekerja medis yang terinfeksi di rumah sakit," kata Zeng.

Pejabat dan rumah sakit Cina telah berulang kali mengeluhkn keterbatasan peralatan pelindung diri, termasuk masker wajah. Selain jumlah pansien yang sangat besar. 

Terkait petugas medis ini, duka kematian dokter Li Wenliang masih membekap publik di Wuhan, Hubei. Li adalah dokter yang pernah menjalani investigasi polisi karena mengungkap adanya kasus pneumonia akut misterius. Dia akhirnya ikut tertular dari pasien yang sedang dirawatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Andya Dhyaksa
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro