Ilustrasi-Tenaga medis menggunakan pakaian pelindung khusus saat merawat pasien yang terinfeksi virus corona /China Daily via Reuters
Health

14 Warga Negara Amerika Serikat Positif Idap Virus Corona

Krizia Putri Kinanti
Senin, 17 Februari 2020 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empat belas warga negara Amerika Serikat positif terkena virus corona. Kepastian ini diketahui saat  proses evakuasi lebih dari tiga ratus warga AS dari kapal yang di karantina di Jepang, menurut Departemen Amerika Serikat, Senin (17/2/2020).

Kapal itu mengangkut sekitar 3.700 penumpang beserta awak yang masuk karantina sejak 3 Februari dan menjalani pemeriksaan kesehatan setelah salah seorang penumpang asal Hong Kong berusia 80 tahun, ditemukan terinfeksi virus corona.

Amerika merilis pemberitahuan resmi bahwa empat belas orang yang telah diperiksa positif terkena COVID-19  saat sedang bersiap untuk kembali ke negaranya melalui pesawat yang telah disewa.

Empat belas orang tersebut kemudian dipindahkan ke area khusus yang terdampak dalam pesawat evakuasi. Tercatat sekitar 3.500 penumpang masuk dalam karantina kapal pesiar itu dan kira-kira 200 orang di antaranya berusia di atas 80 tahun.

Sebelumnya, Otoritas Jepang melakukan karantina terhadap Kapal Pesiar Diamond Princess di perairan Yokohama, Jepang, setelah ditemukan penumpang yang terinfeksi virus Corona baru (2019-nCoV).

Karena minimnya kapasitas untuk melakukan tes pada ribuan penumpang dan awak sekaligus, pemerintah Jepang tengah berupaya untuk mengatasi krisis di Kapal Diamond Princess yang sudah dikarantina sejak 5 Februari di Yokohama, hanya 26 kilometer dari pusat Tokyo.

Sementara itu, para ahli mengatakan perlu dilakukan lebih banyak tes untuk melindungi mereka yang ada di dalam kapal. Wabah virus ini sendiri telah menewaskan lebih dari 1.300 orang di seluruh dunia sejak pertama kali dilaporkan di provinsi Hubei, China, pada Desember 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro