Ilustrasi/JIBI
Relationship

5 Tips Mendapatkan Beasiswa di Luar Negeri

Novita Sari Simamora
Senin, 17 Februari 2020 - 13:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi kamu yang berencana kuliah di luar negeri, dibutuhkan persiapan yang matang untuk mengantongi tiket emas yang disebut beasiswa.

Persaingan untuk memperebutkan tiket emas sekarang semakin ketat. Meskipun hal tersebut dinilai sulit, tetapi tak ada yang tak mungkin bila memiliki persiapan dan strategi yang matang.

Pada tahun lalu, Rayhan Dudayev telah menyelesaikan program pascasarjana di Xiamen University, China. Dia mengungkapkan dibutuhkan beberapa strategi dan kedisiplinan untuk memperoleh beasiswa.

"Tentukan tujuan awal saat mencari beasiswa, karena itu yang akan melandasi negara tujuan yang dipilih," ungkapnya saat dihubungi Bisnis, Senin (17/2/2020).

Berikut beberapa tips dan strategi dalam memperoleh beasiswa ke luar negeri ala Rayhan:

1. Lakukan riset dasar. Tentukan program yang dipilih dan budaya negara yang hendak dipelajari. Sebab, program yang dipilih akan menentukan masa depan usai kuliah.

2. Persiapkan surat referensi dari jauh-jauh hari. Untuk mendapatkan surat referensi, bukanlah perkara sulit. Namun, itu akan menjadi sulit jika kamu mempersiapkan di waktu yang mepet.

Padahal surat referensi itu bisa mempermudahkan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Akan sangat disarankan, surat referensi diperoleh dari pihak orang/akademis/lembaga yang berhubungan dengan jurusan pascasarjana yang dipilih.

3. Disiplinlah dari belajar. Ada beberapa universitas yang hanya meminta tes sertifikat bahasa Inggris dan ada juga yang harus melalui tes akademis tambahan.

Bahasa Inggris adalah bekal utama sebelum berangkat ke luar negeri. Maksimalkan kemampuan berbahasa dan jangan lupa mempelajari bahasa negara setempat.

4. Lakukan pemeriksaan kesehatan. Konsumsilah makanan yang bergizi dan olahraga yang teratur akan membuat tubuh semakin bugar. Selain itu, persiapan dana untuk melakukan medical check up. Biasa tes kesehatan membutuhkan dana paling sedikit Rp900.000.

5. Stay positif. Pikiran yang positif akan menghasilkan aktivitas yang baik. Teguhkanlah motivasimu untuk mencari beasiswa.

Bila kamu pernah gagal dalam mencoba beasiswa, maka jangan menyerah ya sobat Bisnis. Teruslah mencoba dan habiskanlah kegagalanmu sesegera mungkin dan teruslah memacu semangatmu. Ingat, kegagalan adalah langkah awal mencapai kesuksesan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro