Ilustrasi/newsread.in
Relationship

5 Ciri Pertemanan Tidak Sehat

Krizia Putri Kinanti
Selasa, 18 Februari 2020 - 14:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak semua pertemanan itu sehat, bahkan jika kamu menyukai temanmu dan tidak bisa hidup tanpanya.

Sedangkan dalam pertemanan yang sehat, temanmu akan mencoba untuk menghormatimu dan selalu mendukungmu. Dalam pertemanan tidak sehat, temanmu akan memiliki masalah ketika melihatmu hidup mandiri dan bertingkah superior.

Pertemanan tidak sehat juga dapat ditunjukkan dari temanmu yang bertingkah selayaknya boss dan selalu menginginkan sesuatu darimu. Dilansir dari boldsky.com, ada 7 tanda temanmu menunjukkan pertemanan yang sehat atau tidak.

1. Mereka memutuskan apa yang terjadi dan kapan

Saat kamu melihat orang lain mengatur hidupmu dan setiap keputusan yang kamu ambik, ini merupakan tanda kamu harus meninggalkannya. Orang-orang ini akan membuatmu merasa kamu tidak mempunyai kendali atas dirimu sendiri. Mereka akan sering mengatur aktivitasmu dan menunjukkan kesalahanmu sehingga kamu merasa tidak berharga

2. Mereka mengharapkanmu menurutimu

Sejak mereka adalah orang yang membuat keputusan untuk kamu, mereka mengharapkanmu untuk menuruti apa yang telah mereka putuskan untuk kamu, ini karena mereka percaya apa yang mereka lakukan untukmu adalah hal yang baik. Contoh kecilnya adalah mereka mungkin akan memintamu untuk menjauhi temanmu yang lain dan akan mengkritik pilihanmu.

3. Mereka ingin kamu mendengarkan mereka

Tidak peduli kamu suka atau tidak, opini kamu tidak akan diindahkan oleh mereka. Apabila temanmu ingin kamu melakukan sesuatu maka kamu harus mengikutinya, kata demi kata. Ini bisa jadi tanda terkuat bahwa pertemananmu tidak sehat. Temanmu akan menjadi agresif, ketika kamu tidak menuruti atau mendengarkan mereka.

4. Mereka mudah adu argumen tentang hal kecil

Orang-orang ini suka beradu argumen untuk menunjukkan bahwa mereka adalah orang yang paling benar dan menyalahkanmu. Bahkan untuk isu kecil, temanmu akan beragume dalam perilaku yang aneh seperti akan marah saat kamu tidak mengangkat teleponmu atau tidak membalas pesanmu.

5. Mereka tidak peduli apa yang kamu sukai atau tidak kamu sukai

Teman yang mengontrol kamu akan sangat tidak peduli tentang pilihanmu karena mereka hanya peduli tentang dirinya sendiri. Malah mereka sering memaksakan hal-hal mereka ke kamu dan melewati batas personal kamu.

Apabila tidak tahu apa yang harus kamu lakukan untuk menghindari teman seperti ini maka carilah pertolongan ke teman yang bisa kamu percaya. Tidak peduli seberapa besar teman tidak sehatmu mengendalikanmu, kamu berhak untuk mendapatkan sesuatu yang baik di hidupmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro