Seminar konservasi dan valorisasi warisan budaya dari Kedubes Italia dan Institut Kebudayaan Italia Jakarta di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Rabu (19/2/2020)./Syaiful Millah
Entertainment

Berguru Konservasi Seni dari Italia

Syaiful Millah
Rabu, 19 Februari 2020 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia Jakarta menggelar seminar konservasi dan warisan budaya dalam rangka kolaborasi budaya dan peringatan 70 tahun hubungan bilateral dengan Indonesia.

Duta Besar Italia untuk Indonesia Vittorio Sandalli mengatakan bahwa perlindungan dan penempatan warisan budaya pada posisinya merupakan hal mendasar dalam pelestarian nilai-nilai komunitas dan nasional.

“Indonesia adalah negara yang sangat kaya dalam hal seni, budaya, dan tradisi. Kegiatan ini diadakan untuk saling berbagi informasi tentang konservasi untuk mempromosikan pengembangan budaya,” katanya di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Rabu (19/2).

Sandalli mengungkapkan bahwa Italia memiliki warisan budaya terbesar di dunia dengan 51 situs yang diakui oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), lebih dari 3.400 museum, dan 2.100 area arkeologi.

Dengan demikian, lanjutnya, Italia telah melalui perayaan kekayaan warisan budaya selama bertahun-tahun, termasuk komitmen untuk terus mempertahankan dan mempromosikannya ke berbagai negara.

Adapun, Direktur Perlindungan Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Fitra Arda mengapresiasi kegiatan seminar konservasi dengan Kedutaan dan Institut Kebudayaan Italia.

Menurutnya, Indonesia bisa belajar banyak hal tentang restorasi dan konservasi budaya, termasuk karya seni yang jumlahnya tak sedikit di dalam negeri.

Dia berharap, kegiatan ini bisa menjadi peluang yang lebih luas bagi kedua negara untuk terus berkolaborasi dalam hal pengembangan warisan budaya jangka menengah dan panjang hingga berkelanjutan.

Dalam rangka hubungan bilateral antara Italia dan Indonesia, Kedutaan Besar Italia dan Institut Kebudayaan Italia Jakarta juga meresmikan pameran Leonardo Opera Omnia pada 5 Februari lalu di Museum Mandiri.

Gelaran tersebut menghadirkan reproduksi 17 lukisan karya pelukis kenamaan dunia Leonardo Da Vinci. Replika dari karya-karya Leonardo di antaranya adalah The Annunciation (1470), Adoration of the Magi (1481), Lady with an Ermine (1488), Mona Lisa (1501-1503), hingga mural The Last Supper (1498).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro