Ilustrasi menangis/News.com.au
Relationship

Tips Mengatasi Rasa Duka Usai Kehilangan Seseorang

JIBI
Jumat, 21 Februari 2020 - 07:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wafatnya aktor Ashraf Sinclair meninggalkan duka mendalam bagi keluarga. Khususnya bagi Bunga Citra Lestari (BCL) sebagai istri.

Psikiater di Smart Mind Center Rumah Sakit Gading Pluit, Andreas Kurniawan, menjelaskan banyak penelitian yang menyebutkan jika rasa duka seperti yang dialami BCL bisa bertahan selama enam bulan. Meski demikian, orang-orang yang berduka tentu ingin segera menyudahinya, bukan?

Untuk itu, Andreas pun membagikan tips. Pertama, ia mengimbau agar setiap orang dapat mencari pengalih. Ini bisa berupa aktivitas yang membahagiakan.

“Misalnya, kalau suka bermain di taman, lakukan itu untuk menghilangkan rasa duka,” katanya saat ditemui di Perpustakaan Pusat Jakarta pada Rabu, 19 Februari 2020.

Mendekatkan diri dengan orang-orang yang humoris juga disarankan Andreas. Ia mengatakan mereka memiliki interaksi sosial yang positif.

“Ini membuat Anda yang mendengarkan leluconnya menjadi lebih aman dan nyaman. Dunia Anda pun menjadi lebih bahagia daripada dikelilingi dengan masalah,” katanya.

Apabila kedua hal tersebut tidak membantu dan Anda tetap merasa sedih akibat duka, maka Andreas menyarankan untuk melakukan konsultasi pada ahli. Ini bisa kepada psikolog ataupun psikiater.

“Kami bisa membantu berdasarkan ilmu yang telah kami pelajari. Tidak perlu takut untuk berkonsultasi, apalagi jika sudah menimbulkan reaksi tak wajar seperti sulit tidur dan depresi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro