Model berpose dengan mengenakan busana rancangan desainer Indonesian Fashion Chamber (IFC) Surabaya di sela-sela jumpa pers Surabaya Fashion Parade (SFP) 2020 yang mengusung tema Viable di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (19/1/2020)./Antara-Moch Asim
Fashion

Peduli Lingkungan Jadi Dasar Tren Fesyen 2021-2022

Desyinta Nuraini
Sabtu, 22 Februari 2020 - 10:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Trend Expert dari Indonesia Trend Forecasting (ITF), Isti Dhaniswari menjelaskan ada banyak faktor yang mendorong terjadinya perubahan hingga menciptakan tren. Beberapa faktor tersebut antara lain faktor lingkungan, teknologi, gender, dan manusia.

Saat ini, kepedulian mengenai lingkungan semakin meningkat, termasuk di industri fesyen. Kepedulian akan lingkungan menciptakan empat kelompok perubahan yang membentuk tren yaitu kelompok essential, spiritual, exploitation, dan exploration.

Berdasarkan pengelompokan ini, beberapa tren yang diprediksi akan banyak muncul pada 2021-2022 antara lain desain-desain dengan tema seperti soft minimal, light, clean, fresh & simple, serta wavy, dan tema-tema urban, retro, authentic/native, casually wacky, dan boxy.

"Tren ini terutama untuk kelompok essential melalui penggunaan cutting yang loose dan simple dengan warna-warna soft, pale, dan natural," ujar desainer, Dina Midiani seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (22/2/2020).

Tren untuk kelompok spiritual akan didominasi oleh tema-tema budaya dengan kearifan lokal dan bernuansa alam. Tema tren untuk kelompok exploitation terlihat dari desain-desain yang serba maksimal atau bahkan hiperbola.

Untuk kelompok exploration, tema desain akan banyak dipengaruhi oleh teknologi dan mengesankan desain yang eksentrik, futuristik, radikal, absurd, dan dreamy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro