Penumpang menggunakan masker saat berada di gerbong kereta commuter line (KRL) jurusan Depok/Bogor-Jatinegara/Angke di Jakarta, Selasa (3/3/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Health

Betulkah Masker Bedah Tak Mampu Tangkal Corona? Ini Penjelasannya

Desyinta Nuraini
Kamis, 5 Maret 2020 - 11:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penggunaan masker bedah dinilai tidak efektif untuk menangkal virus Corona atau Covid-19. Hal itu dikatakan Anne Rimoin, Profesor Epidemiologi dari Divisi Penyakit Menular, Fakultas Kedokteran David Geffen, Los Angeles, California.

"Masker wajah [untuk] bedah biasa tidak dirancang untuk mencegah partikel virus, sehingga tidak mungkin memberikan perlindungan yang signifikan terhadap infeksi novel coronavirus," kata Rimoin, seperti dikutip dari Healthline, Kamis (5/3/2020).

Dia menerangkan masker sejatinya untuk orang sakit, guna mencegah penularan penyakitnya ke orang lain. Namun dia menyarankan, pada situasi ini, mereka yang sakit lebih baik beristirahat di rumah dan tidak pergi ke tempat umum.

Kendati demikian, Anne menuturkan respirator partikulat seperti masker N95 dianggap bisa memberi perlindungan terhadap virus ini. Itupun jika dipakai dengan benar.

"Namun masker ini perlu diuji dan sulit dipakai dengan benar untuk jangka waktu yang lama. Masker ini harus disediakan untuk petugas kesehatan yang memiliki risiko terbesar tertular infeksi," kata Rimoin.

Rimoin menegaskan cara terbaik untuk terhindar dari virus Corona yakni rajin mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, membersihkan ponsel, dan barang-barang yang sering dipegang seperti remote TV hingga pegangan kulkas.

"Hindari orang-orang yang sakit jika memungkinkan," imbuh Rimoin.

Rimoin juga menyarankan untuk menghindari rumah sakit dan fasilitas medis kecuali benar-benar diperlukan. Begitu pula tempat-tempat yang sangat ramai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Desyinta Nuraini
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro