Direktur Utama RSPI Prof. dr Sulianti Saroso Mohammad Syahril dan jajaran direksi saat memberi keterangan pers perkembangan kasus COVID-19, Kamis (5/4/2020). Dari kiri ke kanan, Dr. Vivi Lisdawati, M.Si, Apt, dr. Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, dr. Dyani Kusumowardhani, Sp.A, Drs. Syamsuri, MM. M.Ak. JIBI/Bisnis-Nyoman Ary
Health

WNA Suspek Corona di RSPI Sulianti Saroso Dinyatakan Sembuh

Nyoman Ary Wahyudi
Kamis, 5 Maret 2020 - 12:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Hingga Kamis (5/3/2020) pagi, Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso telah merawat 9 pasien terkait virus corona.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menuturkan terdapat dua tambahan pasien yang dirawat di RSPI. Sementara itu, dua pasien sebelumnya telah keluar dari ruang isolasi. Satu warga negara asing (WNA) dinyatakan sembuh, dan satu lagi telah dipindahkan ke ruang lain.

“ Jadi kemarin pasien kita ada sembilan, dan pada siang hari (kemarin) masuk satu, kemudian tadi malam masuk satu lagi. Semuanya itu close contact,” kata Syahril  saat memberi keterangan terkini terkait penanganan virus corona di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti, pada Kamis (5/3/2020).

Dengan demikian, imbuhnya, pasien yang dirawat di RSPI Prof. Dr. Sulianti saat ini sembilan orang.

“Tetapi yang dua positif kemarin hasil laboratoriumnya melalui Kementerian Kesehatan. Jadi, dari Litbangkes, karena ini sudah wabah maka ada mekanisme lapornya melalui Kementerian Kesehatan,” jelasnya.

Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona jenis baru COVID-19, mengatakan sebanyak 446 spesimen yang sudah diperiksa berkaitan dengan hasil penelusuran jejak kontak berdekatan dengan beberapa suspek corona di beberapa klaster. Kendati demikian, sepuluh spesimen masih perlu didalami lagi.

Yurianto memerinci terdapat 11 spesimen di Klaster Bali dengan hasil negatif. Kemudian, di Klaster Amigos terdapat enam spesimen – termasuk kasus nomor satu dan  dua – yang seluruhnya telah diisolasi di di ruang isolasi Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti.

Spesimen masuk berasal dari 48 rumah sakit di 23 provinsi berjumlah 168. Kemudian, klaster Bali berjumlah 11, sementara klaster Amigos terdapat 6. Lalu, spesimen lain berasal dari 188 anak buah kapal World Dream, 69 WNI kru kapal Diamond Princess ditambah  sepuluh tim penjemput.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro